WAKIL WALIKOTA SUKABUMI MELAKUKAN EVALUASI KINERJA APARAT KECAMATAN DAN KELURAHAN SE KECAMATAN BAROS

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., didampingi Kepala Bidang Kepegawaian BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, Dian Sucianti, S.E., M.M. dan Camat Baros, Dra. Yunita Nusmeri Sitepu, M.M., melakukan Evaluasi Kinerja Aparat Kecamatan dan Kelurahan se Kecamatan Baros, tepatnya tanggal 29 Januari 2018, di Ruangan Pertemuan Kecamatan Baros.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi menjelaskan, Kinerja Aparat Kecamatan dan Kelurahan se Kecamatan Baros pada umumnya sudah baik, namun harus ditingkatkan kembali, khususnya dalam memberi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Karena aparat kecamatan dan kelurahan merupakan gerda terdepan Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam memberi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang. Terlebih bagi seluruh Aparat Kecamatan Baros. Sebab dengan telah selesainya Pembangunan Gedung Baru Kecamatan Baros ini, harus diimbangi dengan kualitas pelayanan kepada masyarakat ke arah yang lebih baik lagi.

Ditandaskannya, masalah kekurangan SDM (Sumber Daya Manusia) Aparat Kecamatan dan Kelurahan di Kecamatan Baros, jangan sampai dijadikan salah satu alasan kualitas pelayanan kepada masyarakat menurun. Karena masalah kekurangan SDM Aparat ini, bukan hanya di kecamatan dan kelurahan saja, tapi hampir di seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Kota Sukabumi.

Bahkan pada saat ini, SKPD yang paling banyak kekurangan dan membutuhkan PNS (Pegawai Negeri Sipil), yakni di Kota Sukabumi, khususnya untuk bidang pendidikan dan kesehatan, termasuk di Tingkat Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan. Sebab PNS di SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam setiap tahunnya banyak yang pensiun. Selain itu, sejak 11 tahun terakhir, Pemerintah Kota Sukabumi tidak mendapat jatah penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dari Pemerintah Pusat, karena Pemerintah Pusat hingga saat ini masih memberlakukan moratorium penerimaan CPNS, sehingga sangat berdampak pada berkurangnya jumlah PNS, khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sukabumi juga menghimbau kepada seluruh Aparat Kecamatan dan Kelurahan se Kecamatan Baros, agar senantiasa memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam berbagai bidang, diawali dengan senyuman dan sapaan dengan bahasa yang sopan. Sebab seluruh aparat kecamatan dan kelurahan umumnya seluruh PNS, merupakan abdi atau pelayan masyarakat, pemerintah dan negara.