PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TELAH MENGUBAH SETIAP ASPEK KEHIDUPAN MASYARAKAT SEHARI-HARI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, perkembangan teknologi komunikasi telah merevolusi rutinitas serta telah mengubah setiap aspek kehidupan masyarakat sehari-hari, baik dalam berkomunikasi maupun dalam belajar dan dalam bersosialisasi. Adapun dampak positif dari teknologi komunikasi ini, yakni dapat menghemat waktu, menyederhanakan komunikasi dan membuatnya lebih dinamis. Sedangkan dampak negatif dari teknologi komunikasi ini, yakni membuat para pengguna menghadapi radiasi dari gadget, serta membuat masyarakat sangat bergantung pada alat teknologi komunikasi, dan dampak lainnya yang diperdebatkan oleh para pakar kesehatan dunia. Kedua konsekuensi tersebut, dikembalikan lagi kepada masing-masing individu masyarakat, khususnya dalam menanggapi dan mengatasi dampaknya. Terlepas dari kenyataan tersebut, ada dampak sosial yang bisa disaksikan setiap hari oleh masyarakat. Sebab alat digital ini telah merambah dan mendominasi terhadap seluruh kehidupan masyarakat, khususnya generasi muda.

Penandasan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan dalam sambutan pada penyelenggaraan AYCI (Asian Youth Camp Indonesia) Tahun 2018, di SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, tepatnya hari Selasa, 30 Januari 2018. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan AYCI Tahun 2018 ini, yakni generasi muda memiliki peran penting dalam masyarakat. Karena setiap generasi tumbuh dalam situasi dan kondisi yang berbeda, serta dapat memberi beragam aspek kehidupan dan bisa memberi pengaruh kepada masyarakat masa depan.

Dijelaskannya, penyelenggaraan AYCI Tahun 2018 ini merupakan yang ketiga kalinya, karena sebelumnya sudah dilaksanakan di Malaysia dan Thailand, atas nama ASEAN Youth Camp, sebagai acara pertemanan dan pertukaran informasi antar siswa SMA di Asia Tenggara. Selain itu juga dijelaskan, penggemar kegiatan tersebut sangat tinggi. Buktinya peserta event tersebut, tidak hanya berasal dari negara-negara ASEAN saja, akan tetapi juga dari negara-negara Asia lainnya. Oleh karenanya, nama event tersebut diubah menjadi Asian Youth Camp.

Lebih jauh dijelaskan, kemajuan teknologi komunikasi telah berkembang dengan pesat, serta sangat memungkinkan seluruh masyarakat untuk menggunakan berbagai alat teknologi komunikasi seperti Medsos (Media Sosial). Sebab dengan teknologi komunikasi ini, seluruh masyarakat mengalami cara baru untuk bersosialisasi, tanpa bertemu secara langsung. Disamping itu, cara berkomunikasi menjadi lebih mudah, serta dapat memberi perubahan khususnya dalam merespons kehidupan sehari-hari.