PANWASLU KOTA SUKABUMI MEMBUKA PENGADUAN PELANGGARAN PILKADA SECARA ONLINE

Reporter : ENDANG SUMARDI

Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Sukabumi, membuka pelaporan dan pengaduan pelanggaran Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 secara online, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuannya, menurut Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, Muhammad Aminnudin, selain sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini, juga untuk mempercepat pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Disamping itu, juga untuk mendongkrak sekaligus meningkatkan partisipasi aktif warga masyarakat dalam melakukan pengawasan dan pemantauan serta pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada tersebut. Sebab berdasarkan pengalaman, tingkat partisipasi warga masyarakat dalam melakukan pengawasan dan pemantauan serta pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada, Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden) mengalami penurunan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Panwaslu Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, apabila ada yang melihat adanya indikasi pelanggaran terhadap pelaksanaan Pilkada tersebut, bisa langsung melaporkan atau mengadukannya ke Panwaslu Kota Sukabumi secara online, untuk segera ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal, sesuai dengan ketentuan perarutan dan perundang-undangan yang berlaku.

Dijelaskannya, pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 secara online ini, selain untuk mempercepat dan mempermudah laporan atau pengaduan dari warga masyarakat, juga untuk mempercepat Petugas Panwaslu Kota Sukabumi dalam menindaklanjuti dan menanganinya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Pilkada tersebut. Selain itu, pelaporan atau pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 secara online ini, dapat meningkatkan partisipasi warga masyarakat dalam melakukan pengawasan dan pemantauan serta pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada tersebut dengan mudah, serta efektif dan efisien.

Ketua Panwaslu Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dibukanya pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 berbasis teknologi dan informasi ini, dapat menjadi solusi atau jalan keluar terbaik, dalam melakukan dan meningkatkan pengawasan dan pemantauan serta pelaporan dan pengaduan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada tersebut, sebab dilakukan oleh semua pihak, yakni oleh Petugas Panwaslu Kota Sukabumi, Aparat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi terkait dan warga masyarakat.