PEMERINTAH KOTA SUKABUMI BERUPAYA OPTIMAL MENYERAP DAN MENYALURKAN TENAGA KERJA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal menyerap dan menyalurkan tenaga kerja warga masyarakat Kota Sukabumi ke berbagai perusahaan, baik yang ada di dalam dan di luar Kota Sukabumi maupun ke luar negeri. Adapun upaya tersebut, menurut Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kota Sukabumi, Drs. H. Didin Syarifudin, M.Si., diantaranya dengan menjalin komunikasi dan kerja sama strategis dengan sejumlah perusahaan, baik perusahaan lokal dan nasional maupun internasional, untuk memberdayakan SDM (Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi melalui pelatihan kerja, serta pelatihan berbagai keakhlian dan keterampilan.

Dijelaskannya, dengan upaya tersebut dapat menyerap dan menyalurkan tenaga kerja warga masyarakat Kota Sukabumi ke berbagai perusahaan. Buktinya target yang diberikan Walikota Sukabumi tahun 2017 kepada Disnaker Kota Sukabumi, khususnya dalam penyerapan dan penyaluran tenaga kerja warga masyarakat Kota Sukabumi ke berbagai perusahaan dapat melampaui target 100 persen, yakni mencapai 5.000 orang lebih. Keberhasilan tersebut merupakan keberhasilan Pemerintah Kota Sukabumi dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi terkait, dan sejumlah perusahaan yang melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Sukabumi.

Namun dengan keberhasilan tersebut, bukan berarti pengangguran di Kota Sukabumi berkurang. Karena untuk mengurangi jumlah pengangguran sangat sulit dilakukan. Sebab jumlah pengangguran, di daerah mana pun dalam setiap tahunnya akan bertambah. Hal tersebut diakibatkan oleh banyaknya lulusan SMA, SMK dan MA setiap tahun. Selain itu juga ada pekerja yang keluar dari pekerjaannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Disnaker Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal melakukan penyerapan dan penyaluran tenaga kerja warga masyarakat Kota Sukabumi, bekerja sama dengan SKPD serta instansi terkait dan sejumlah perusahaan, untuk melaksanakan pelatihan kerja serta pelatihan berbagai keakhlian dan keterampilan, bagi warga masyarakat Kota Sukabumi. Disamping itu, juga akan menyelanggarakan job fair atau bursa kerja, bekerja sama dengan SKPD dan instansi terkait serta puluhan perusahaan dan industri, baik yang ada di dalam maupun di luar Kota Sukabumi.