Sebanyak 38 Pns Yang Akan Melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2016 Mendapat Bantuan Uang Kadeudeuh

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 38 PNS (Pegawai Negeri Sipil) dari berbagai SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, yang akan melaksanakan ibadah haji tahun 2016 ke Tanah Suci Mekkah AL-Mukarromah, mendapat bantuan uang kadeudeuh dari Pemerintah Kota Sukabumi, masing-masing sebesar Rp. 1.500.000,00.

Uang kadeudeuh yang berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2016 ini, diserahkan langsung oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., didampingi Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., tepatnya tanggal 30 Agustus 2016, setelah melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, di Masjid AL-Ikhlas Pemda Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., Kepala BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan) Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag., dan para tamu undangan lainnya.

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menjelaskan, uang kadeudeuh tersebut, merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kota Sukabumi, kepada para Calhaj (Calon Haji), khususnya dari unsur PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, seraya mengharapkan, agar para Calhaj tersebut senantiasa mendapat ridho dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

Selain itu, Walikota Sukabumi juga memohon kepada para Calhaj tersebut, yakni selain berdoa untuk diri sendiri dan keluarga, juga agar mendoakan warga masyarakat dan Pemerintah Kota Sukabumi, supaya senantiasa mendapat ridho dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa, sehingga Kota Sukabumi terbebas dari berbagai bencana dan marabahaya. Sebab doa para jamaah haji sangat mustajab.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag. menjelaskan, Jamaah Calhaj asal Kota Sukabumi tahun 2016 ini, seluruhnya berjumlah 179 orang, serta akan diberangkatkan pada hari Jumat, tanggal 2 September 2016, bergabung dalam Kloter (Kelompok Terbang) 65 JKS (Jakarta), bersama dengan Jamaah Calhaj asal  Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang dan Kota Bekasi.

Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pemberangkatan serta pelaksanaan ibadah haji para Calhaj tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi beserta pihak Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi, sudah melakukan berbagai upaya dan persiapan. Diantaranya Bimbingan Manasik Haji di tingkat kecamatan dan tingkat Kota Sukabumi, Praktik Manasik Haji, Pemeriksaan Kesehatan dan Pemberian Vaksin, serta berbagai upaya dan persiapan lainnya.

Leave a Reply