KELURAHAN GUNUNG PUYUH MENGAJUKAN USULAN PERBAIKAN GEDUNG KELURAHAN GUNUNG PUYUH

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kelurahan Gunung Puyuh, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, dalam Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Tahun 2017 yang lalu, mengajukan usulan perbaikan Gedung Kelurahan Gunung Puyuh, yang anggarannya mencapai antara Rp. 800 juta sampai dengan Rp. 1 milyar. Karena hingga saat ini, menurut Lurah Gunung Puyuh, Tri Hastuti, S.IP., Gedung Kelurahan Gunung Puyuh belum memiliki Ruangan untuk PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), Karang Taruna dan Mushola. Sebab baik PKK dan LPM maupun BKM dan Karang Taruna, merupakan mitra kerja dan pendorong Kelurahan Gunung Puyuh, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program yang dilaksanakan di Kelurahan Gunung Puyuh.

Disamping itu, Kelurahan Gunung Puyuh juga mengajukan pembangunan TK (Taman Kanak-kanak) Negeri, dengan memanfaatkan lahan milik Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya di wilayah RW 11 Kelurahan Gunung Puyuh, serta membuat wisata education dengan konsep learning farm, agar anak-anak TK dan SD di Kelurahan Gunung Puyuh bisa belajar tentang pertanian, dari mulai cara mencangkul hingga menanam dan merawat tanaman.

Adapun maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada segenap lapisan warga masyarakat Kelurahan Gunung Puyuh dalam berbagai bidang, sesuai dengan visi dan misi Kelurahan Gunung Puyuh, yakni menjadi kelurahan dengan pelayanan publik terbaik. Selain itu juga sesuai dengan visi dan misi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa, serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.

Menyinggung program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap) Gratis Tahun 2018, Kelurahan Gunung Puyuh mendapat kuota sebanyak 352 bidang tanah, dari Kantor ATR BPN (Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional) Kota Sukabumi, untuk bidang-bidang tanah yang belum memiliki sertifikat. Sebab Kelurahan Gunung Puyuh, para tahun 2015 yang lalu sudah mendapat program Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria).