RENCANA PEMINDAHAN STASIUN KA SUKABUMI KE WILAYAH SELAKASO TIDAK JADI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Stasiun KA (Kereta Api) Sukabumi, Heru Salam menandaskan, rencana pemindahan Stasiun KA Sukabumi dari Jalan Stasiun Timur, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi ke wilayah Selakaso, Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi tidak jadi. Yang kemungkinan jadi, yakni rencana penambahan Stasiun KA di wilayah Kota Sukabumi, dan wilayah Selakaso Kelurahan Babakan menjadi titik sentral penambahan Stasiun KA di wilayah Kota Sukabumi, serta saat ini sedang dikaji dan diusulkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemenhub (Kementerian Perhubungan) RI.

Karena pada saat mengikuti rapat bersama Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, di Hotel Taman Sari beberapa waktu yang lalu, bukan memindahkan Stasiun KA Sukabumi dari Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi ke wilayah Selakaso, tapi akan ada penambahan Stasiun KA baru di wilayah Kota Sukabumi, yang lokasinya di wilayah Selakaso. Dikatakannya, apabila penambahan Stasiun KA di wilayah Kota Sukabumi ini sudah disetujui dan diaplikasikan, dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para pengguna jasa KA dari wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi, karena lokasi stasiunnya lebih dekat.

Sejumlah masyarakat Kota Sukabumi yang sering menggunakan jasa KA menyatakan tidak setuju, apabila Stasiun KA Sukabumi dipindahkan dari Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi ke wilayah Selakaso, karena lokasinya akan lebih jauh, kecuali ditambah. Karena apabila ditambah akan lebih memudahkan masyarakat yang akan menggunakan jasa KA. Sebab masyarakat bisa memilih Stasiun KA terdekat, yakni Stasiun KA Sukabumi dan Stasiun KA Selakaso.

Dikatakannya, lokasi Stasiun KA Sukabumi berada di tempat yang strategis, yakni di pusat Kota Sukabumi, serta mudah dijangkau dari berbagai arah dan jurusan. Namun untuk menunjang kelancaran dan kemudahan masyarakat dalam menjangkau Stasiun KA tersebut, hanya tinggal dilakukan penataan dan pengaturan serta penertiban lalu lintas menuju Stasiun KA Sukabumi, khususnya di Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi.

Untuk itu, sejumlah masyarakat Kota Sukavumi yang sering menggunakan jasa KA, mengharapkan kepada seluruh aparat instansi terkait, agar senantiasa berupaya optimal dan secara kontinyu melakukan penataan dan pengaturan serta penertiban lalu lintas di Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi, untuk menunjang kelancaran dan kemudahan masyarakat dalam menjangkau Stasiun KA Sukabumi.