MUSRENBANG KECAMATAN GUNUNGPUYUH

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., menjelaskan, kegiatan Musrenbag (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) merupakan kegiatan tahunan, dalam proses perencanaan pembangunan yang terencana, terarah dan terukur, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Selain itu juga merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Adapun maksud dan tujuannya, supaya proses pembangunan tahun depan bisa lebih baik lagi, dengan menyajikan pembangunan insfrasrtuktur yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

Hal tersebut, disampaikan dalam sambutan saat membuka secara resmi Musrenbang Tingkat Kecamatan Gunung Puyuh, 5 Februari 2018, di Hotel Fresh Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Kota Sukabumi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Camat Gunung Puyuh, Fajar Rajasa, S.STP., M.Si., Unsur Muspika (Musyawarah Kecamatan) Gunung Puyuh, para Lurah se Kecamatan Gunung Puyuh, Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kecamatan Gunung Puyuh, para Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan, dilaksanakannya Musrenbang ini, untuk melakukan inventarisasi masukan dan usulan dari berbagai pihak, baik dari warga masyarakat dan komunitas, maupun dari unsur pemerintahan, dunia usaha dan akademisi, terkait kondisi, permasalahan, potensi dan arah perencanaan pembangunan, khususnya di Kecamatan Gunung Puyuh. Disamping itu, juga adanya persamaan persepsi serta dukungan dan komitmen dari semua pihak dan stake holders, dalam pelaksanaan pembangunan di Kecamatan Gunung Puyuh.

Dikatakan pula, berdasarkan kondisi warga masyarakat Kota Sukabumi saat ini, permasalahan dan tantangan yang dihadapi pada masa mendatang, serta dengan mempertimbangkan faktor strategis dan potensi yang dimiliki oleh warga masyarakat, para pemangku kepentingan dan unsur pemerintahan, dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan, diharapkan sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.