POLRES SUKABUMI KOTA SUDAH MEMBENTUK SATGAS PENJAGA UMAT

Reporter : ENDANG SUMARDI

Polres Sukabumi Kota sudah membentuk Satgas (Satuan Tugas) Penjaga Umat, melibatkan 16 Polsek di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Adapun maksud dan tujuan dibentuknya Satgas tersebut, menurut Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., sebagai salah satu bentuk dan wujud nyata perhatian serta kepedulian Polres Sukabumi Kota, dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga masyarakat serta kondusifitas wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, dari berbagai ancaman keamanan dan berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak, termasuk isu teror ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa), yang mengamcam para Alim Ulama dan Pimpinan Pondok Pesantren di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Berkaitan dengan hal tersebut, Polres Sukabumi Kota harus segera mengambil langkah dan upaya, untuk menyikapi sekaligus mengantisipasi dan menangani masalah tersebut, dengan membentuk Satgas Penjaga Umat. Dijelaskannya, dalam menangani persoalan tersebut, bukan hanya masalah penegakan hukum saja, tapi Polres Sukabumi Kota juga akan mengedepankan kontrol opini, untuk menyadarkan warga masyarakat, supaya bisa lebih bijak dalam menerima berbagai berita dan isu yang tersebar.

Selain itu, Polres Sukabumi Kota juga akan senantiasa berupaya optimal dan secara rutin menjaring sekaligus merehabilitas ODGJ yang berkeliaran di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, bekerjasama dengan Dinas Pol PP (Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, Dinas Sosial Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, supaya bisa diperlakukan dengan baik dan layak.

Selanjutnya Kapolres Sukabumi Kota menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, apabila menemukan ada orang yang diduga ODGJ, agar segera dilaporkan kepada aparat kepolisian terdekat, serta jangan mudah terprovokasi oleh isu atau berita yang belum jelas. Disamping itu, Kapolres Sukabumi Kota juga mengharapkan kepada semua unsur instansi terkait dan segenap lapisan warga masyarakat di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, agar senantiasa berupaya optimal dan menjalin kerjasama yang baik dan harmonis, serta lebih peduli kepada ODGJ, yang isunya bervariasi dan bermacam-macam.