Mobil Operasional Keliling Permudah Pelayanan Administrasi Kependudukan

Oleh : Dedi Sunardi ( Kasie.Dokumentasi & Informasi Disdukcapil Kota Sukabumi )

Pelayanan Prima merupakan pelayanan yang memenuhi pelayanan standar terhadap permintaan pelanggan, dimana pelayanan yang memenuhi standar adalah mengutamakan kualitas suatu produk sebagaimana yang diharapkan oleh pelanggan.

Hakekat dari pelayanan umum yang prima adalah meningkatkan mutu dan produktivitas pelaksanaan tugas dan fungsi (Tupoksi) instansi pemerintah dibidang pelayanan umum, mendorong upaya mengefektifkan sistem dan tatalaksana pelayanan, sehingga pelayanan umum dapat diselenggarakan secara lebih berdaya guna (efesien dan efektif), kemudian dapat mendorong tumbuhnya kreativitas, prakarsa, dan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas. (Modul Pelayanan Prima, Depdagri tahun 2004).

Dalam mewujudkan Misi Kota Sukabumi Tahun 2013-2018 yakni “Mewujudkan pelayanan dasar yang lebih baik dan berkualitas” serta seiring dengan misi kota sukabumi tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagaimana tertulis pada misi Disdukcapil yakni “Meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat” dengan pemanfaatan teknologi informasi dan sistem administrasi kependudukan yang sudah terkoneksi secara nasional.

Plt. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi Bapak   Ir.Asep Muliasutisna, M.Si, menyampaikanditengah-tengah kegiatan pemantauan kendaraan dinas operasional yang masih dalam penyelesaian, bahwa; kendaraan operasional keliling ini sabagai sarana untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, agar dapat mempermudah masyarakat dalam kepemilikan administrasi kependudukan, diantaranya Akta pencatatan Sipil, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) maupun dokumen kependudukan lainnya, disela pembicaraannya juga dengan serius beliau memohon dukungan kepada seluruh masyarakat Kota Sukabumi untuk segera melengkapi dokumen kependudukannya,mudah-mudahan dengan adanya mobil operasional pelayanan keliling ini masyarakat Kota Sukabumi diharapkan sudah tidak ditemukan lagi penduduk yang tidak memiliki dokumen kependudukan atau dokumen kependudukan yang sudah lawas, jika pelayanan keliling ini sudah beroperasi dan masyarakat menyadari akan pentingnya dokumen kependudukan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, insya Allah data jumlah penduduk Kota Sukabumi akan lebih up-date, riil dan akurat, tegasnya.

Begitu juga yang disampaikan Bapak Dedi Rukmadi Kasi Aset Pemeliharaan dan Pengelolaan Aset Bergerak Pemda Kota Sukabumi, bahwa; Mobil operasional keliling Disdukcapil ini difasilitasi dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan, yang telah dilengkapi dengan fasilitas elektronik dan alat koneksi internet serta running texs sebagai alat informasi pelayanan prima kepada masyarakat.

Menyangkut penyerahan mobil operasional keliling Disdukcapil ini, Plt Disdukcapil Bapak Ir. Asep Muliasutisna, M.Si, dan Bapak Dedi Rukmadi Kasi APPAB DPPKAD Kota Sukabumi masih mencari momen yang tepat untuk penyerahan kendaraan operasional Disdukcapil yang akan diserahkan secara resmi oleh  Bapak Walikota Sukabumi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi.Kita tunggu saatnya nanti…. !!!

Leave a Reply