SEGENAP WARGA MASYARAKAT KOTA SUKABUMI AGAR BERUPAYA OPTIMAL MENJAGA KEAMANAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal menjaga keamanan dan ketertiban serta kenyamanan dan kedamaian, sekaligus saling menghargai dan menghormati terhadap sesama umat beragama. Himbauan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat melakukan Pemantauan Malam Perayaan Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China 2569, tepatnya tanggal 15 Februari 2018, di Vihara Widhi Sakti, Jalan Pajagalan Nomor 20 Kota Sukabumi, yang dimeriahkan pertunjukkan Barongsai.

Turut mendampingi Wali Kota Sukabumi dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Infanteri Mohammad Mahfud As’at, S.IP., PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Kostaman, M.M., Kepala Dinas Pol PP (Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi, S.STP., M.Si.,Camat Warudoyong, Drs. R. Samiarto, M.Si., dan Lurah Nyomplong, Edi Sukarya, S.H.

Dalam Perayaan Malam Tahun Baru Imlek tersebut, tidak hanya dihadiri oleh warga keturunan Tionghoa saja, tapi warga masyarakat di sekitar Vihara Widhi Sakti pun secara antusias ikut menyaksikan pertunjukkan Barongsai, sekaligus memberikan angpau kepada Barongsai yang sedang melakukan pertunjukkan. Sedangkan Wali Kota Sukabumi, pada kesempatan tersebut menyerahkan bantuan sarana keagamaan kepada 5 Vihara di Kota Sukabumi, yang terdiri dari Vihara Widhi Sakti, Vihara Dharma Ratna, Vihara Tri Dharma, Vihara Vimala Kitri, dan Vihara Metta Maitreya.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga mengingatkan sekaligus meminta kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar tidak memviralkan isu atau hoax tentang ancaman terhadap tokoh agama. Tapi isu atau hoax tersebut harus disikapi dan diantisipasi oleh segenap lapisan warga masyarakat, dengan senantiasa meningkatkan kewaspadaan sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban serta kenyamanan dan kedamaian, diantaranya melalui peningkatan dan pengembangan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) atau Ronda Malam di wilayahnya masing-masing.

Karena upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta kenyamanan dan kedamaian ini, bukan merupakan tugas dan tanggungjawab pemerintah dan aparat keamanan saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggungjawab semua pihak, yakni pemerintah, aparat keamanan dan segenap lapisan warga masyarakat. Diharapkannya, dengan peningkatan dan pengembangan Siskamling ini, dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kenyamanan dan kedamaian, untuk menunjang kelancaran berbagai aktifitas dan kehidupan warga masyarakat, khususnya di Kota Sukabumi.