KETUA UMUM DP MUI KOTA SUKABUMI MENGECAM PENYEBAR HOAX

Reporter : ENDANG SUMARDI

Ketua Umum DP MUI (Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi, Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum. mengecam penyebar hoax atau berita yang tidak benar, karena pada akhir-akhir ini banyak hoax yang beredar serta meresahkan masyarakat. Untuk itu, Ketua Umum DP MUI Kota Sukabumi menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya umat Islam di Kota Sukabumi, untuk senantiasa bertabayun atau mencari kejelasan tentang suatu berita hingga jelas dan benar keadaannya, sekaligus meneliti dan menyeleksi suatu berita, apakah berita tersebut sesuai atau tidak dengan data dan fakta di lapangan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DP MUI Kota Sukabumi, pada Rakor (Rapat Koordinasi) MUI Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 15 Februari 2018, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya rapat tersebut, yakni membahas upaya untuk mengantisipasi berbagai isu atau hoax yang beredar di masyarakat. sekaligus menyamakan persepsi dalam mengantisipasi dan menangani isu atau hoax yang beredar di masyarakat. Hadir dalam kesempatan rapat tersebut, Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Mohammad Mahfud As’at, S.IP., Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., unsur Pemerintah Kota Sukabumi dan Kejaksaan Negeri Sukabumi.

Ketua Umum DP MUI Kota Sukabumi juga menjelaskan, ke depan MUI Kota Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota, akan memperkuat Dai Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), yang tugas dan fungsinya memberikan berbagai pemahaman tentang bela negara kepada segenap lapisan masyarakat. Dijelaskannya, Dai Kamtibmas ini sudah dibentuk oleh Kemenag (Kementerian Agama), dan saat ini tinggal diberi pelatihan sebelum terjun ke lingkungan masyarakat.

Dalam pada itu, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada MUI Kota Sukabumi, yang telah menyelenggarakan rapat ini, yang didalamnya diisi diskusi tentang berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Selain itu, Kapolres Sukabumi Kota juga menghimbau kepada para alim ulama di Kota Sukabumi, agar dalam melakukan dakwah tidak hanya dilakukan kepada masyarakat saja, tapi juga dilakukan di dunia maya. Maksud dan tujuannya, agar masyarakat yang aktif menggunakan dunia maya, bisa terhindar dari berbagai isu atau hoax, serta dapat mengantisipasi dan memeranginya secara arif.