KA JURUSAN SUKABUMI-BOGOR SUDAH DIOPERASIKAN KEMBALI SECARA NORMAL

Reporter : ENDANG SUMARDI

Humas PT KAI (Kereta Api Indonesia) Daop (Daerah Operasional) I, Edy Kuswoyo mengungkapkan, selama beberapa hari yang lalu, KA (Kereta Api) Jurusan Sukabumi-Bogor untuk sementara tidak dioperasikan, akibat terjadi bencana tanah longsor di daerah Stasiun Cicurug-Cigombong dan di daerah Stasiun Bogor–Maseng. Namun sejak tanggal 20 Februari 2018, KA Jurusan Sukabumi-Bogor ini sudah dioperasikan kembali secara normal. Untuk itu, warga masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi serta warga masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor, sudah bisa menggunakan kembali KA Jurusan Sukabumi-Bogor dengan nyaman.

Dijelaskannya, bisa secepatnya KA Jurusan Sukabumi-Bogor dioperasikan kembali secara normal ini, karena sejak terjadi bencana tanah longsor di daerah Stasiun Cicurug-Cigombong dan di daerah Stasiun Bogor–Maseng, pihak PT KAI langsung berupaya optimal melakukan penanganan dan proses evakuasi. Dijelaskan pula, setelah proses evakuasi dinyatakan selesai dan mendapat izin dari pihak yang berwenang, pihak PT KAI langsung melakukan pengerjaan dan perbaikan secara maksimal. Selain itu juga dijelaskan, kendati terkendala oleh cuaca yang kurang bersahabat, tapi pihak PT KAI terus berupaya melakukan pengerjaan dan perbaikan, sehingga bisa mencapai target pengerjaan sampai dengan tanggal 14 Febuari 2018. Lebih jauh Humas PT KAI Daop I menjelaskan, setelah dilakukan uji coba operasi dengan menggunakan lokomotif, serta dilakukan pemeriksaan dan uji kelayakan dinyatakan aman dan sudah dapat dilalui oleh KA, maka KA Jurusan Sukabumi-Bogor ini sudah bisa dioperasikan kembali secara normal.

Sementara Kepala Stasiun KA Sukabumi, Heru Salam menjelaskan dan membenarkan, bahwa KA Jurusan Sukabumi-Bogor ini sudah dioperasikan kembali secara normal sejak tanggal 20 Februari 2018. Namun masih banyak warga masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi yang belum mengetahuinya, sehingga KA Jurusan Sukabumi-Bogor ini masih minim penumpang, tidak seperti sebelum terjadinya bencana tanah longsor di daerah Stasiun Cicurug-Cigombong dan dan di daerah Stasiun Bogor–Maseng. Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya beserta jajarannya akan berupaya optimal memberi tahu kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi, bahwa KA Jurusan Sukabumi-Bogor ini sudah dioperasikan kembali secara normal.

Dalam pada itu, sejumlah warga masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi mengatakan merasa gembira dan menyambut baik atas dioperasikannya kembali KA Jurusan Sukabumi-Bogor ini. Sebab sangat positif dan besar manfaatnya bagi warga masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi, khususnya yang akan melakukan perjalanan menuju arah Bogor dengan nyaman dan cepat. Karena apabila menggunakan kendaraan angkutan umum lainnya, waktu perjalanannya lebih lama, akibat sering mengalami kemacetan arus lalu lintas di beberapa titik ruas jalan dari Sukabumi menuju Bogor.