SISTEM SATU ARAH DI JALAN STASIUN TIMUR KOTA SUKABUMI AKAN SEGERA DIUJI COBA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang LLA (Lalu Lintas dan Angkutan) Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, H.R. Imran Whardhani, A.Md.LLAJ., S.IP., M.Si. menandaskan, SSA (Sistem Satu Arah) di Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi, akan segera diuji coba. Ditandaskan pula, dilaksanakannya SSA di Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi ini, menindaklanjuti hasil rapat tanggal 31 Januari 2018 dan tanggal 7 Februari 2018, tentang penanganan kesemrawutan dan kemacetan lalu lintas di jalan tersebut.

Selain itu juga ditandaskan, uji coba SSA ini akan dilaksanakan selama dua pekan, tepatnya dari tanggal 26 Februari 2018 sampai dengan tanggal 11 Maret 2018, serta dalam setiap harinya pihak Bidang LLA Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengerahkan dan menyiagakan sebanyak 6 personil, ditambah personil dari Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota. Lebih jauh ditandaskan, selama dilaksanakannya uji coba SSA ini akan dievaluasi untuk selanjutnya ditindaklanjuti, apakah akan diberlakukan secara permanen atau tidak. Karena hal tersebut tergantung dari hasil evaluasi selama dilaksanakan uji coba SSA ini, apakah ada perubahan atau tidak terhadap kesemrawutan dan kemacetan lalu lintas di jalan tersebut.

Kepala Bidang LLA Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya uji coba SSA ini, dapat mengurangi kesemrawutan dan kemacetan lalu lintas di Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi. Dijelaskannya, dalam uji coba SSA ini ada beberapa ruas jalan di Jalan Stasiun Timur yang direkayasa, yakni seluruh kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang datang dari arah utara ke selatan dan yang datang dari arah barat ke timur, harus masuk ke Jalan Tembus Stasiun Timur menuju arah timur, selanjutnya keluar dan masuk ke Jalan Otista.

Selanjutnya dijelaskan, sebelum dilaksanakannya uji coba SSA ini, pihak Bidang LLA Dinas Perhubungan Kota Sukabumi sudah melakukan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat, khususnya kepada para pengemudi kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas di Jalan Stasiun Timur, tepatnya dari tanggal 19 sampai dengan tanggal 25 Februari 2018. Dijelaskan pula, selama melakukan sosialisasi, pihak Bidang LLA Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menyiapkan rambu-rambu lalu lintas dan setting traffic light, serta spanduk dan pamphlet pemberitahuan kepada segenap lapisan warga masyarakat.