DPRD KABUPATEN HALMAHERA MELAKUKAN KUNKER KE KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

DPRD Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, melakukan Kunker (Kunjungan Kerja) ke Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 23 Februari 2018. Sedangkan kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Selatan, Muhlis Djafar, S.P. ini, disambut dan diterima secara resmi oleh Kepala Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si., di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kunker ke Kota Sukabumi ini, seperti diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Selatan, Muhlis Djafar, S.P., dalam rangka studi banding dan mempelajari Riparda (Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah), untuk diterapkan dan dikembangan secara optimal di Kabupaten Halmahera Selatan, supaya kepariwisataan di daerah Kabupaten Halmahera Selatan bisa lebih maju dan berkembang lagi, sesuai dengan harapan semua pihak, baik Pemerintah maupun DPRD Kabupaten Halmahera Selatan.

Sementara Kepala Disporapar Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si., atas nama Kepala Daerah dan Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan selamat datang di Kota Sukabumi, kepada rombongan DPRD Kabupaten Halmahera Selatan, sekaligus menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyambutan dan penerimaan rombongan ini banyak hal yang kurang berkenan.

Selain itu, Kepala Disporapar Kota Sukabumi juga menyampaikan ekspose singkat tentang Sejarah Singkat Kota Sukabumi, Kota Sukabumi Dalam Konstelasi Nasional dan Regional, Gambaran Umum Kota Sukabumi, Pemerintah Kota Sukabumi dan Visi Kota Sukabumi, termasuk Program Unggulan di Kota Sukabumi, khususnya dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan, serta Pencapaian IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Sukabumi, serta tentang KSDP (Kawasan Strategis Destinasi Pariwisata) Kota Sukabumi dan Riparda (Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah) Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, di Kota Sukabumi ada 3 zona KSDP yang masuk dalam Riparda Kota Sukabumi. Antara lain zona 1 meliputi Jalan Siliwangi, Jalan Ir. H. Djuanda dan Jalan Suryakencana, zona 2 meliputi Jalan Kaswari, Jalan Kenari dan Jalan Bhayangkara, serta zona 3 meliputi KCA (Kawasan Agroeduwisata Cikundul) dan Pemandian Air Panas Cikundul. Sedangkan tema pengembangan zona 1 yakni wisata kreatif, dengan sasaran pengembangan kuliner dan fesyen, zona 2 wisata kreatif dan cagar budaya, dengan sasaran pengembangan kuliner, fesyen dan bangunan heritage, serta zona 3 wisata alam, dengan sasaran pengembangan produksi, edukasi, konservasi, wisata berbasis pertanian dan wisata berbasis SDA (Sumber Daya Alam). Diharapkannya, ke 3 zona KSDP Kota Sukabumi tersebut, dapat menjadi daya tarik wisata bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal dan wisatawan nusantara mauoun wisatawan manca negara, untuk senantiasa berkunjung ke Kota Sukabumi.