MASYARAKAT SUKABUMI DIHEBOHKAN OLEH ADANYA BERTITA ODGJ YANG MENYERANG PONDOK PESANTREN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Sejak beberapa waktu terakhir, warga masyarakat Sukabumi dihebohkan oleh adanya bertita ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), yang menyerang sejumlah Pondok Pesantren di Sukabumi. Selain itu, warga masyarakat Sukabumi juga diresahkan dengan adanya hoax atau berita bohong, yang sering muncul dan tersebar di Medsos (Media Sosial). Untuk itu, Polres Sukabumi Kota mengundang ratusan santri serta rois dan roisah Pondok Pesantren di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, tepatnya pada tanggal 22 Februari 2018, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi.

Adapun maksud dan tujuannya, seperti dikatakan Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., yakni membahas masalah tersebut secara bersama-sama antara pihak Polres Sukabumi Kota dengan pihak Pondok Pesantren di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, khususnya dalam menjaga sekaligus meningkatkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan Pondok Pesantren di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Dijelaskannya, saat ini medsos sudah dimiliki oleh segenap lapisan warga masyarakat termasuk oleh para santri. Berkaitan dengan hal tersebut, Kapolres Sukabumi Kota menghimbau kepada para santri di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, agar cerdas dan bijak dalam menyikapi dan menggunakan medsos, supaya tidak beredar hoax yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. Sebab apabila para santri tidak bisa menyikapi dengan bijak dalam menggunakan medsos sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak. khususnya di lingkungan Pondok Pesantren. Disamping itu, para santri juga harus mengaktifkan dan menggiatkan kembali sekaligus meningkatkan Siskamling (Sistim Keamanan Lingkungan) di lingkungan Pondok Pesantren-nya masing-masing, untuk menjaga dan mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak.

Kapolres Sukabumi Kota juga menandaskan, Polres Sukabumi Kota beserta Pemerintah Kota Sukabumi dan MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi, sudah merencanakan akan membentuk Forum Rois dan Roisah Kota Sukabumi, yang tugas dan fungsinya melaksanakan diskusi secara rutin setiap bulan, serta membahas berbagai masalah aktual yang muncul di masyarakat.

Rencana Polres Sukabumi Kota beserta Pemerintah Kota Sukabumi dan MUI Kota Sukabumi yang akan membentuk Forum Rois dan Roisah Kota Sukabumi ini, disambut baik dan antusias oleh ratusan santri serta rois dan roisah Pondok Pesantren di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Karena rencana tersebut sangat positif dan besar manfaatnya bagi para santri serta rois dan roisah Pondok Pesantren di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, khususnya dalam upaya membangun dan mewujudkan Kota Sukabumi sebagai kota santri yang aman dan nyaman bagi seluruh warga masyarakat.