PARA PELAKU TABRAK LARI DI KOTA SUKABUMI AGAR SEGERA MENYERAHKAN DIRI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kepala Unit Laka Lantas (Kecelakaan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, Ipda Agus Suherman menjelaskan, selama bulan Februari 2018 ini tercatat ada 4 kecelakaan lalu lintas di  wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Antara lain 2 kecelakaan terjadi di wilayah Kota Sukabumi, dan 2 kecelakaan terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dijelaskan pula, dari 4 kejadian kecelakaan tersebut, menimbulkan sebanyak 3 orang korban meninggal dunia dan kerugian sekitar Rp. 8 juta.

Adapun kecelakaan pertama di wilayah Kota Sukabumi, terjadi pada tanggal 1 Februari 2018, sekitar pukul 23.00 WIB, di Jalan Lingkar Selatan, dekat Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, serta menimbulkan 1 orang korban meninggal dunia dan kerugian sekitar Rp 1 juta. Dikatakannya, kecelakaan tersebut merupakan tabrak lari, serta tersangka pelakunya masih dicari.

Sedangkan kecelakaan yang kedua, terjadi pada tanggal 22 Februari 2018, di Jalan K.H. Ahmad Sanusi, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, antara kendaraan roda empat Angkot (Angkutan Kota) yang menabrak bagian belakang kendaraan roda dua sepeda motor, serta menimbulkan 2 orang korban meninggal dunia dan 1 orang korban luka ringan. Sementara kerugiannya ditaksir sekitar Rp 7 juta. Dikatakan pula, kecelakaan yang kedua pun sama dengan kecelakaan yang pertama, yakni merupakan tabrak lari.

Kepala Unit Laka Lantas Polres Sukabumi Kota menandaskan, para pelaku tabrak lari ini, hingga saat ini belum menyerahkan diri, namun identitasnya sudah diketahui. Untuk itu, Kepala Unit Laka Lantas Polres Sukabumi Kota meminta kepada para tersangka pelaku tabrak lari di Kota Sukabumi tersebut, agar segera menyerahkan diri, sekaligus mempertanggungjawabkan keteledorannya. Sebab apabila dapat segera menyerahkan diri, akan mendapat keringanan hukuman. Tapi apabila tidak segera menyerahkan diri atau ditangkap paksa, tidak akan mendapat keringanan hukuman, bahkan hukumannya bisa lebih berat.

Selain itu, Kepala Unit Laka Lantas Polres Sukabumi Kota menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat khususnya para pengemudi roda empat dan roda dua di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, agar senantiasa hati-hati dalam mengemudikan kendaraannya, serta melengkapi surat-surat kendaraannya seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), termasuk safety riding seperti helm dan sabuk pengaman, untuk menjaga sekaligus meningkatkan keamanan dan keselamatan lalu lintas.