SAYF KOTA SUKABUMI MERUPAKAN ORGANISASI DI BAWAH NAUNGAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

SAYF (Safety Action Youth Forum) Kota Sukabumi, merupakan salah satu organisasi di bawah naungan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, yang dibentuk dan digagas oleh para Pelajar SMA dan SMK Sederajat Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Kota Sukabumi. Adapun tugas dan fungsi serta peran SAYF Kota Sukabumi ini, seperti diungkapkan Kepala Seksi Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Endro, SST., yakni membantu secara aktif Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, khususnya dalam melakukan sosialisasi dan edukasi keselamatan lalu lintas serta pengenalan fungsi rambu-rambu lalu lintas kepada warga masyarakat, terutama kepada anak-anak dan remaja.

Diharapkannya, tugas dan fungsi serta peran SAYF Kota Sukabumi ini, agar senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan secara optimal oleh seluruh jajaran pengurus dan anggota SAYF Kota Sukabumi, supaya seluruh warga masyarakat khususnya anak-anak dan remaja di Kota Sukabumi, dapat mengetahui tentang keselamatan lalu lintas dan fungsi rambu-rambu lalu lintas, yang dipasang di setiap ruas jalan di Kota Sukabumi. Dengan demikian, keberadaan SAYF Kota Sukabumi ini, dapat memberikan manfaat dan kontribusi secara nyata, serta menjadi salah satu kebanggaan bagi warga masyarakat dan pemerintah, khususnya Dinas Perhubungan Kota Sukabumi.

Sementara Ketua Umum SAYF Kota Sukabumi sekaligus sebagai Pelajar SMK Negeri 2 Kota Sukabumi, Nur Asiah menjelaskan, seluruh jajaran pengurus dan anggota SAYF Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi keselamatan lalu lintas serta pengenalan fungsi rambu-rambu lalu lintas kepada warga masyarakat terutama kepada anak-anak dan remaja, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta Permenhub (Peraturan Menteri Perhubungan) RI Nomor 13 Tahun 2014 tentang Jenis Rambu-Rambu Lalu Lintas.

Selain itu, juga senantiasa berupaya optimal melaksanakan kegiatan Baksos (Bakti Sosial) kepada anak-anak yatim piatu di Kota Sukabumi. Adapun kegiatan Baksos yang baru-baru ini dilaksanakan SAYF Kota Sukabumi, yakni ke Panti Asuhan Muslimin Kota Sukabumi, Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 25 Februari 2018, dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 2 SAYF Kota Sukabumi Tahun 2018, dengan mengambil tema, We Love We Share We Care.

Dijelaskan pula, dalam melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi keselamatan lalu lintas serta pengenalan fungsi rambu-rambu lalu lintas, diantaranya cara menyeberang jalan yang baik dan benar, dengan semboyan tunggu sejenak dan melakukan 4T, yakni tengok kanan, tengok kiri, tengok kanan dan tengok kiri lagi. Lebih jauh dijelaskan, dalam setiap melakukan kegiatan tersebut, para peserta senantiasa mengikutinya dengan baik dan antusias, sebab pihaknya senantiasa memberikan tanya jawab tentang arti dan fungsi rambu-rambu lalu lintas. Diharapkannya, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, dapat memberi sekaligus meningkatkan pengetahuan serta wawasan anak-anak dan remaja, khususnya tentang keselamatan lalu lintas dan fungsi rambu-rambu lalu lintas.