KODIM 0607 KOTA SUKABUMI SUDAH MENYELENGGARAKAN SILATURAHMI DENGAN PARA ALIM ULAMA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kodim 0607 Kota Sukabumi, sudah menyelenggarakan silaturahmi dengan para Alim Ulama serta komponen masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi, tepatnya tanggal 1 Maret 2018, di Kodim 0607 Kota Sukabumi, dengan mengambil tema, Melalui Kegiatan Silaturahmi dengan para Tokoh Alim Ulama dan Komponen Masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi di Wilayah Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kita Tingkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dan Wawasan Kebangsaan, dalam rangka memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dan Keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menjelaskan, situasi dan kondisi Kota Sukabumi akhir-akhir ini diresahkan oleh sering muncul dan beredarnya hoax atau berita yang tidak benar, khususnya tentang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang menyerang sejumlah Alim Ulama di beberapa Pondok Pesantren. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh lapisan warga masyarakat, apabila melihat ada ODGJ yang berkeliaran di wilayah Kota Sukabumi, agar segera dilaporkan kepada Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) atau kepada Polres Sukabumi Kota, untuk secepatnya diamankan dan ditertibkan.

Disamping itu, Wali Kota Sukabumi juga menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait, agar senantiasa mengamankan dan menertibkan ODGJ termasuk Gepeng (Gelandangan dan Pengemis) serta Anjal (Anak Jalanan) di Kota Sukabumi, untuk memberikan sekaligus meningkatkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan kepada warga masyarakat.

Sementara Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Mohammad Mahfud As’at, S.IP. menjelaskan, perkembangan Medsos (Media Sosial), akhir-akhir ini sering menyebarkan hoax. Berkaitan dengan hal tersebut, Dandim 0607 Kota Sukabumi meminta kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar tidak mudah menerima hoax atau informasi yang belum jelas kebenarannya. Selain itu, juga agar bijaksana dalam menggunakan medsos, sekaligus menyerap dan menyaring berbagai informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dijelaskan pula, Kodim 0607 Kota Sukabumi bekerjasama dengan pihak kepolisian yang sudah memiliki cyber patroli, untuk menyisir setiap hoax yang muncul dan disebarkan di medsos. Oleh karenanya, apabila ada postingan yang tidak sesuai dan meresahkan warga masyarakat, Pasi Intel Kodim 0607 Kota Sukabumi akan langsung mendatangi admin atau pemilik akun tersebut, untuk diamankan dan dimintai pertanggungjawabannya. Lebih jauh Dandim 0607 Kota Sukabumi menjelaskan, dari sebanyak 20 informasi kejadian yang diunggah ke medsos, hanya 2 informasi kejadian yang benar-benar riil terjadi. Sedangkan sebanyak 18 informasi kejadian, hanya merupakan hoax atau informasi yang tidak benar.