KELURAHAN KEBONJATI SUDAH MEMBENTUK PAGUYUBAN MITRA KELURAHAN KEBONJATI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, sudah membentuk Paguyuban Mitra Kelurahan Kebonjati. Lurah Kebonjati, Fajar Nugraha, S.T. mengharapkan, dengan sudah dibentuknya Paguyuban Mitra Kelurahan Kebonjati ini, dapat membantu Aparat Kelurahan Kebonjati, khususnya dalam menyampaikan berbagai program dan informasi kepada masyarakat Kelurahan Kebonjati secara cepat.

Dijelaskannya, kendati Paguyuban Mitra Kelurahan Kebonjati ini hanya menggunakan anggaran swadaya murni dari para anggota, tapi mampu melaksanakan tugas, peran dan fungsinya dalam meralisasikan berbagai program, serta dapat meningkatkan kembali kebersamaan dan budaya gotong royong masyarakat di Kelurahan Kebonjati.

Untuk itu, Lurah Kebonjati atas nama seluruh Aparat Kelurahan Kebonjati, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Paguyuban Mitra Kelurahan Kebonjati, yang telah berupaya optimal dan berhasil membantu Aparat Kelurahan Kebonjati, khususnya dalam menyampaikan berbagai program dan informasi kepada masyarakat serta dari masyarakat kepada Kelurahan Kebonjati.

Sementara Ketua Paguyuban Mitra Kelurahan Kebonjati, Irwan Sugiana menjelaskan, maksud dan tujuan dibentuknya paguyuban ini, untuk membantu Aparat Kelurahan Kebonjati, khususnya dalam menyampaikan berbagai program dan informasi dari Kelurahan Kebonjati kepada masyarakat serta dari masyarakat kepada Kelurahan Kebonjati, yang sifatnya administratif dan koordinasi.

Selain itu, juga berfungsi untuk memberdayakan dan meningkatkan kinerja para Ketua RW dan RT di Kelurahan Kebonjati, khususnya dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. Dijelaskan pula, apabila ada masalah di setiap RW dan RT, akan langsung saling koordinasi, untuk bersama-sama memecahkan dan menyelesaikan masalah yang terjadi.

Lebih lanjut dijelaskan, Paguyuban Mitra Kelurahan Kebonjati ini dibentuk pada akhir tahun 2017, dan saat ini masih melakukan perencanaan berbagai program yang akan dilaksanakan pada tahun 2018. Diantaranya membentuk badan usaha, tabungan masyarakat dalam bidang ekonomi, untuk meningkat kesejahteraan masyarakat. Karena di Kelurahan Kebonjati ini banyak indusri rumahan, seperti olahan jahe dan moci.

Dijelaskan pula, jumlah KK (Kepala Keluarga) di Kelurahan Kebonjati, saat ini mencapai 2.400 KK lebih. Apabila setiap KK menabung Rp. 10 ribu per bulan, dalam setiap bulannya akan terkumpul tabungan sebesar Rp. 24 juta lebih, serta bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk usaha bersama.