BAZNAS KOTA SUKABUMI SUDAH MENYALURKAN BANTUAN FISABILILLAH SEBESAR RP. 150 JUTA

Reporter : ENDANG SUMARDI

Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, sudah menyalurkan bantuan fisabilillah sebesar Rp. 150 juta, kepada Guru TPQ (Taman Pendidikan AL-Quran), Guru Ngaji, Ustadz dan Ulama se Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 28 Februari 2018, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi. Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Humas (Hubungan Masyarakat) Baznas Kota Sukabumi, Drs. K.H. Muhammad Kusoy, M.Pd. menjelaskan, dana tersebut berasal dari infak dan shodaqoh, yang dihimpun oleh Baznas Kota Sukabumi selama 2 bulan. Karena tugas dan fungsi serta peran Baznas ini hanya 2, yakni menerima dan menyalurkan.

Dijelaskan pula, hasil infak dan shodaqoh yang dihimpun oleh Baznas Kota Sukabumi, disalurkan kepada 8 asnaf, salah satunya kepada Guru TPQ. Karena hingga saat ini, honor yang diterima oleh para Guru TPQ ini sangat minim, sebab hanya mengandalkan hasil iuran dari para santri di setiap TPQ-nya masing-masing. Adapun Guru TPQ yang mendapat bantuan dari Baznas Kota Sukabumi ini, seluruhnya berjumlah 117 orang, atau setiap Guru TPQ mendapat bantuan masing-masing sebesar Rp. 200 ribu, yang totalnya mencapai Rp. 23.400.000,00. Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Humas Baznas Kota Sukabumi mengharapkan, dengan disalurkannya bantuan tersebut dapat membantu dan meningkatkan kesejahteraan para Guru TPQ, serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan para murid atau santrinya di setiap TPQ-nya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, para Guru TPQ dihimbau agar senantiasa mengajarkan, mendidik dan membina para murid atau santrinya, untuk senantiasa menyalurkan infak dan shodaqoh, melalui Kotak Amal dari Baznas, yang disimpan di setiap lingkungan pendidikan. Namun kotak tersebut, menurut Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Humas Baznas Kota Sukabumi, hingga saat ini baru bisa direalisasikan dan disimpan di setiap PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang ada di Kota Sukabumi.

Sementara sejumlah Guru TPQ mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kota Sukabumi, yang telah menyalurkan bantuan fisabilillah kepada para Guru TPQ se Kota Sukabumi. Karena bantuan tersebut sangat berguna bagi para Guru TPQ, khususnya dalam menambah honor yang diterima oleh para Guru TPQ. Diharapkannya, bantuan yang disalurkan oleh Baznas Kota Sukabumi kepada para Guru TPQ ini, senantiasa dijadikan lumbung amal soleh serta mendapat fahala dan balasan berlipat ganda dari Yang Maha Kuasa, Alloh Azza Wa Jalla.