WALI KOTA SUKABUMI SUDAH MENYAMPAIKAN DATA SPT TAHUNAN PPH ORANG PRIBADI TAHUN 2018

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., sudah menyampaikan data SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan PPh (Pajak Penghasilan) Orang Pribadi Tahun 2018, kepada KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Sukabumi, melalui layanan online e-Filing. Penyampaian SPT tersebut, dilakukan di Ruangan Kerja Wali Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 6 Maret 2018. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala KPP Pratama Kota Sukabumi beserta jajarannya yang berkaitan dengan hal tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, sebagai aparatur pemerintah, sudah seharusnya memberi contoh dan teladan kepada warga masyarakat, untuk lebih awal menyampaikan data SPT Tahunan PPh, baik secara konvensional maupun melalui layanan online e-Filing. Dijelaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi sangat mendukung terhadap upaya dan program KPP Pratama Sukabumi, yang memberikan pelayanan untuk penyampaian data SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dan Badan, melalui layanan online e-Filing. Karena selain bisa lebih cepat, juga dapat memudahkan warga masyarakat yang akan menyampaikan data SPT Tahunan PPh, dimanapun berada dan wktunya kapan saja melalui smartphone, selama terkoneksi dengan internet.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi juga menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat dan PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kota Sukabumi, agar lebih awal menyampaikan SPT Tahunan PPh Tahun 2018, kepada KPP Pratama Sukabumi. Dikatakannya, pajak merupakan pemasukan terbesar bagi negara dan pemerintah. Untuk itu, apabila dalam pemasukannya berjalan lancar, dapat berdampak positif pada kelancaran pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang, termasuk di Kota Sukabumi.  Berkaitan dengan hal tersebut, Walikota Sukabumi mengharapkan, agar KPP Pratama Sukabumi, dari waktu ke waktunya dapat lebih baik dan optimal lagi.

Sementara Kepala KPP Pratama Kota Sukabumi menjelaskan, e-Filing merupakan salah satu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time, melalui internet pada Website DJP (Direktorat Jenderal Pajak) http://www.pajak.go.id, atau Penyedia Layanan SPT elektronik dan ASP (Application Service Provider). Dijelaskan pula, Layanan e-Filing melalui Website DJP/ telah teriintegrasi dalam layanan DJP Online.

Selain itu juga dijelaskan, semua SPT bisa dilaporkan dengan menggunakan fitur lapor pajak online di Online Pajak secara gratis, selama memiliki file CSV, kecuali PPh Pasal 25 yang tidak memiliki file CSV. Lebih jauh dijelaskan, e-Filing Pajak merupakan fitur yang sangat memudahkan dalam melakukan pelaporan SPT, melalui tampilan fitur yang sangat mudah dimengerti, serta mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja, selama terkoneksi dengan internet, bahkan bisa melalui smartphone.