SELURUH JANJI POLITIK WALI KOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2013-2018 SUDAH DIREALISASIKAN 100 PERSEN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, selama 5 tahun menjabat Wali Kota Sukabumi, seluruh janji politik yang disampaikan pada saat kampanye mencalonkan Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, sudah direalisasikan 100 persen. Selain itu, juga berhasil merubah dan meningkatkan taraf kehidupan warga masyarakat Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi, diantaranya melalui pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan serta pertumbuhan ekonomi, terutama pada tahun 2018 atau pada akhir tahun masa jabatan Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni mencapai 5,43 persen.

Diungkapkannya, ada 114 janji yang disampaikan pada saat kampanye mencalonkan Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018. Untuk itu, sejak menjabat Wali Kota Sukabumi, seluruh janji tersebut secara bertahap langsung direalisasikan. Dengan demikian, pada tahun 2018 atau pada akhir tahun masa jabatan Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, seluruh janji tersebut sudah direalisasikan 100 persen, bahkan ada yang lebih dari 100 persen.

Menyinggung pembangunan Pasar Tradisional Semi Modern Kota Sukabumi, tepatnya di lokasi eks Pasar Pelita Kota Sukabumi yang hingga saat ini masih dikerjakan, menurut Wali Kota Sukabumi bukan merupakan janji Wali Kota Sukabumi. Karena yang dijanjikan Wali Kota Sukabumi pada saat mencalonkan Wali Kota Sukabumi, yakni tentang pertumbuhan ekonomi di Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi. Janji tersebut dapat direalisasikan dengan baik. Karena pertumbuhan ekonomi di Kota Sukabumi, saat ini mencapai 5,43 persen, atau lebih tinggi dari pertumbumbuhan ekonomi nasional, yang saat ini mencapai 4 persen. Demikian pula inflasi di Kota Sukabumi, saat ini mengalami penurunan menjadi 2,2 persen. Padahal pada saat sebelum menjabat Wali Kota Sukabumi, inflasi di Kota Sukabumi ini cukup tinggi, yakni mencapai 8,3 persen.

Saat dikonfirmasi tentang prestasi dan penghargaan yang diraih selama menjabat Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, seperti dijelaskan Wali Kota Sukabumi ada sekitar 46 prestasi dan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat, semuanya berkaitan dengan keberhasilan pelayanan kepada warga masyarakat di Kota Sukabumi. Diantaranya dalam bidang kesehatan, pendidikan, kebersihan dan pembangunan infrastuktur. Dijelaskan pula, prestasi dan penghargaan tersebut dinilai dari sisi proses, keberhasilan dan kemanfaatannya bagi warga masyarakat.

Sedangkan prestasi dan penghargaan yang membanggakan pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, diantaranya prestasi dan penghargaan Peduli Pendidikan, KLA (Kota Layak Anak) dan Kota Sehat, serta dalam Pemungutan dan Pengelolaan PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) serta BPHTB (Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan).