GERAKAN SUGEMA MERUPAKAN LANGKAH PENTING DALAM MENGHASILKAN GENERASI MUDA YANG BERKUALITAS

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., Gerakan Sugema (Sukabumi Gemar Membaca) merupakan salah satu langkah penting dalam menghasilkan generasi muda Kota Sukabumi yang berkualitas. Selain itu, Gerakan Sugema yang dilaksanakan oleh Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Kota Sukabumi ini, sudah terlihat hasilnya, dengan mulai naiknya minat membaca buku. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui frekuensi dan volume pengunjung ke Dispusip Kota Sukabumi, yang senantiasa mengalami peningkatan.

Penandasan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Lomba Pengembangan Minat dan Budaya Baca Tingkat TK dan PAUD, Tingkat SD dan SMP, serta Tingkat Kader PKK se Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 14 Maret 2018, di Halaman Dispusip Kota Sukabumi, dengan mengambil tema, Melalui Lomba Minat Baca Perpustakaan, Kita Perkuat Jati Diri Bangsa Dalam Upaya Membangun Karakter dan Kecerdasan. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, para Kepala dan Guru TK, PAUD, SD dan SMP, serta para tamu undangan lainnya.

Adapun Lomba Pengembangan Minat dan Budaya Baca tersebut, seperti dijelaskan Kepala Dispusip Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., terdiri dari 4 jenis lomba, serta diikuti oleh 233 peserta. Antara lain Lomba Mewarnai Tingkat TK dan PAUD, Lomba Review Buku Tingkat SD, Lomba Pidato Bahasa Sunda Tingkat SMP, dan Lomba Story Telling atau Lomba Berceritera Tingkat Kader PKK se Kota Sukabumi. Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya lomba tersebut, dalam rangka menyambut dan memeriahkan Peringatan Ke 104 Hari Jadi Kota Sukabumi Tahun 2018, tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2018 mendatang. Selain itu, juga untuk mengevaluasi Gerakan Sugema, sekaligus sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat dan gemar membaca, serta meningkatkan dan membudayakan para kaum ibu bercerita kepada anaknya. Sebab kegiatan tersebut sangat penting dilakukan, terutama pada era gadget saat ini.

Kepala Dispusip Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya lomba tersebut, budaya para kaum ibu bercerita kepada anaknya ini, bisa dijaga dan dipelihara dengan baik serta dapat dilestarikan dan dikembangkan secara optimal. Karena budaya berceritera tersebut sangat penting dilakukan, untuk membantu sekaligus meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak, khususnya dalam memberikan contoh yang baik, akhlakul karimah atau akhlak yang mulia, serta nilai-nilai positif yang terkandung dalam ajaran agama.