MENYELENGGARAKAN BERBAGAI RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN KE 104 HARI JADI KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., segenap aparat dan warga masyarakat Kota Sukabumi, saat ini sedang menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan Peringatan Ke 104 Hari Jadi Kota Sukabumi Tahun 2018. Dijelaskan pula, bagi Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. dan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. Periode Tahun 2013-2018, Peringatan Ke 104 Hari Jadi Kota Sukabumi ini, merupakan peringatan yang terakhir. Sebab Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, pada tanggal 13 Mei 2018 mendatang, akan mengakhiri masa jabatan dan pengabdian, karena sudah genap selama 5 tahun.

Oleh karenanya, Wali Kota Sukabumi ingin menjadikan Peringatan Ke 104 Hari Jadi Kota Sukabumi ini, sebagai sarana untuk bersilaturahmi dengan seluruh aparat dan warga masyarakat Kota Sukabumi, sekaligus menjadi media evaluasi akhir atas kinerja Pemerintah Kota Sukabumi, selama 5 tahun masa kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018. Dikatakannya, dalam kegiatan silaturrahmi dengan seluruh aparat dan warga masyarakat Kota Sukabumi, meskipun diselenggarakan secara sederhana, tapi kegiatan Peringatan Ke 104 Hari Jadi Kota Sukabumi ini, harus melibatkan sebanyak-banyaknya partistpasi warga masyarakat. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi merasa memiliki dan mencintai Kota Sukabumi. Untuk itu, ekspresi dan kecintaan seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi terhadap Kota Sukabumi harus diwadahi ke dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama, yakni antara pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi mengungkapkan, dalam kegiatan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2019, yang dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2018, bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, secara informal Wali Kota Sukabumi sudah memaparkan berbagai pencapaian kinerja Pemerintah Kota Sukabumi. Diungkapkan pula, dari berbagai pengkajiaan dan perhitungan, pencapaiaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun  2013-2018, sampai dengan bulan Febuari 2018, dari jumlah 112 indikator dengan sasaran 100 persen telah mencapai target. Demikian pula mikro ekonomi Kota Sukabumi dalam kondisi baik, dengan pertumbuhan ekonomi Kota Sukabumi berkisar antara 5,5 persen dan laju inflasi 2,5 persen.

Kemudian APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi mengalami peningkatan yang cukup berarti, apabila dibandingkan dengan tahun 2013, yakni hanya mencapai Rp. 843 milyar, dan pada tahun 2018 hampir mencapai Rp. 1,2 trilyun, serta angka APBD Kota Sukabumi tersebut, menggambarkan kesejahteraan warga masyarakat Kota Sukabumi terus mengalami peningkatan. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi  mengharapkan, agar Wali Kota Sukabumi yang baru periode tahun 2018-2013, mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi. Selain itu, juga mampu mewujudkan Kota Sukabumi yang lebih layak untuk dihuni, serta lebih aman dan nyaman untuk dikunjungi.