DINAS PERHUBUNGAN MELAKSANAKAN SOSIALISASI KETERTIBAN DAN KESELAMATAN BERLALULINTAS

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, melaksanakan sosialisasi ketertiban dan keselamatan berlalulintas, kepada para pelajar SMP dan SMA sederajat yang ada di wilayah Kota Sukabumi. Adapun kegiatan sosialisasi ini, yang kedua dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, dengan nara sumber Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Santi Susanti, S.T. dan Kepala Seksi Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Endro, S.ST., tepatnya pada tanggal 20 Maret 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Santi Susanti, S.T. menjelaskan, maksud dan tujuan dilakanakannya sosialisasi tersebut, diantaranya untuk memberikan kesadaran kepada para pelajar SMP dan SMA sederajat di Kota Sukabumi, tentang pentingnya menjaga ketertiban dan keselamatan berlalulintas sebagai pengguna jalan. Dikatakannya, tata tertib berkendara harus senantiasa menggunakan Sabuk Keselamatan dan memakai Helm SNI (Standar Nasional Indonesia), serta harus senantiasa fokus menjaga ketertiban dan keselamatan berlalulintas selama berkendara.

Sementara Kepala Seksi Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Endro, S.ST., pada kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang pengenalan rambu jalan, marka jalan, paku jalan dan alat pengatur isyarat lalu lintas. Dijelaskannya, ketertiban dan keselamatan dijalan wajib ditanamkan sejak dini. Karena menurut data terakhir yang ada di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Satlantas Polres Sukabumi Kota, kecelakaan lalu lintas di Kota Sukabumi, paling banyak dialami oleh pelajar dan mahasiswa, yakni usia antara 14 sampai dengan 25 tahun. Sedangkan berdasarkan data di Tingkat Nasional, dalam setiap jamnya di Indonesia terjadi 5 kecelakaan lalu lintas, dan dalam setiap harinya tercatat 72 korban meninggal dunia.

Selain itu, Kepala Seksi Keselamatan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Sukabumi juga menjelaskan, kegiatan sosialisasi ketertiban dan keselamatan berlalu-lintas ini, dijadwalkan berlangsung selama 5 hari, tepatnya dari tanggal 19 sampai dengan 23 Maret 2018, dengan target sasaran sebanyak 7 sekolah, serta target peserta sebanyak 50 pelajar dari setiap sekolah.