JUMLAH PENDUDUK KOTA SUKABUMI BERDASARKAN DKB SEMESTER 2 TAHUN 2017 YAKNI SEBANYAK 335.866 JIWA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUKARDI

PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. menjelaskan, jumlah penduduk Kota Sukabumi berdasarkan DKB (Data Konsolidasi Bersih) Semester II Tahun 2017, atau data penduduk yang sudah dibersihkan oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI, yakni sebanyak 335. 866 jiwa. Adapun progres penerbitan dokumen kependudukan yang sudah dilaksanakan sampai dengan saat ini, yakni dalam penerbitan Kutipan Akta Kelahiran bagi anak usia 0 sampai derrgan 18 tahun sebanyak 100.433 jiwa, dan yang sudah memliikl Akta Kalahiran sebanyak 95,29 persen dari 105.392 anak. Sedangkan dalam penerbitan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik) sebanyak 213.844 jiwa, dan wajib KTP yang sudah memiliki KTP-el dari 234.689 wajib KTP di Kota Sukabumi atau sebanyak 91,42 persen.

Penjelasan PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi SosiaIisasi Pemanfaatan Data Kependudukan, untuk mendukung pelayanan publik dan perencanaan pembangunan di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, tepatnya pada tanggal 20 Maret 2018, di Hotel Maxone Sukabumi, mewakili Wali Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, nara sumber dari Ditjen (Direktorat Jenderal) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI, Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. beserta para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya, para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Dikatakannya, pencapaian yang luar biasa ini, tidak terlepas dari peran serta semua pihak, terutama aparat Disdukcapil Kota Sukabumi serta aparat wilayah Kecamatan dan Kelurahan se Kota Sukabumi. Untuk itu, PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi atas nama pribadi dan Walikota Sukabumi serta Pemerintah Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua plhak, yang telah membantu pelaksanaan program administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Sukabumi, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dikatakan pula, berdasarkan Pasal 58 Ayat 4 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan disebutkan, bahwa data kependudukan yang digunakan untuk semua keperluan, yakni data kependudukan dari Kementerian yang bertanggungjawab dalam urusan pemerintahan dalam negeri, antara lain untuk pemanfaatan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Adapun data  kependudukan untuk pemanfaatan pelayanan publik, antara Iain dipergunakan dalam penerbitan SIM (Surat Izin Mengemudi), Izin Usaha, Pelayanan Wajib Pajak, Pelayanan Perbankan, Pelayanan Penerbitan Sertifikat Tanah, Asuransi, Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Sedangkan data kependudukan untuk pemanfaatan perencanaan pembangunan, antara lain dipergunakan dalam perencanaan pembangunan nasional, perencanaan pendidikan, perencanaan kesehatan, perencanaan tenaga kerja dan pengentasan masyarakat dari kemiskinan.

Selanjutnya data kependudukan untuk pemanfaatan alokasl anggaran, antara lain dipergunakan dalam penentuan DAU (Dana Alokasi Umum) dan perhitungan potensi perpajakan, serta data kependudukan untuk pemanfaatan pembangunan demokrasi, antara lain dipergunakan dalam penyiapan  DAK2 (Data  Agregat  Kependudukan per Kecamatan) dan penyiapan DP4 (Data Penducluk Potensial Pemilih Pemilu). Sementara data kependudukan untuk pemanfaatan penegakan hukum dan pencegahan kriminal, antara lain dipergunakan untuk memudahkan pelacakan pelaku kriminal, mencegah perdagangan orang dan mencegah pengiriman tenaga kerja illegal.