WALI KOTA SUKABUMI SUDAH MENYAMPAIKAN JAWABAN ATAS PANDANGAN UMUM FRAKSI DPRD KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., sudah menyampaikan jawaban atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Sukabumi, terhadap 2 Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Kota Sukabumi, tentang Penyelenggaraan Metrologi Legal serta Retribusi Pelayanan Tera dan Tera Ulang, pada Rapat Paripurna DPRD yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., tepatnya pada hari Rabu malam, 21 Maret 2018, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Alim Ulama, para Sesepuh dan Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa dan para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, ke 2 Raperda Kota Sukabumi tersebut, disusun dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal, serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang telah beberapa kali diubah dan terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015, yang isinya menyatakan, bahwa Metrologi Legal yang awalnya merupakan Urusan Pemerintah Provinsi, dialihkan menjadi Urusan Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Usai Rapat Paripurna tersebut, dilanjutkan Rapat Paripurna Pembentukan Pansus (Panitia Khusus) Pembahasan Ke 2 Raperda Kota Sukabumi tersebut. Adapun Susunan Anggota dan Komposisi Jabatan Pansus Pembahasan Raperda tersebut, antara lain, Ketua, Dadang Suparman, Wakil Ketua, Rojab Asyari, S.E., serta Anggota, Supratman, S.T., H. Dede Koswara, H. Olih Solihin, Bayu Waluya, Yatna Rufiatna, S.H., Aep Saepurahman, S.E., Purnama, S.Pd., Alit Gunawan, H. M. Faisal Anwar, S.IP. dan Dra. Hj. Yanti Indri.

Dengan telah ditetapkannya sususnan Anggota dan Komposisi Jabatan Pansus Pembahasan Ke 2 Raperda Kota Sukabumi tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi mengharpakan, dapat membawa manfaat dan menjadi dasar pijak, khususnya dalam melaksanakan fungsi dan tugas, sebagai pengemban amanah dalam kehidupan berdemokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.