BERUPAYA OPTIMAL MEMBANGKITKAN KEMBALI TRADISI MENDONGENG DI KALANGAN IBU-IBU

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Komunitas Saung Dongeng Kota Sukabumi, berupaya optimal membangkitkan kembali tradisi mendongeng di kalangan ibu-ibu di Kota Sukabumi kepada anaknya. Pasalnya pada saat ini, menurut Ketua Komunitas Saung Dongeng Kota Sukabumi, Mega Liani, kebiasaan tersebut sudah mulai ditinggalkan oleh sebagian kalangan warga masyarakat.

Untuk itu, Komunitas Saung Dongeng Kota Sukabumi, menyelenggarakan kegiatan mendongeng untuk ibu-ibu dan anak TK (Taman Kanak-kanak) di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 24 Maret 2018, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sukabumi, Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, serta Ayo Dongeng Indonesia. Kegiatan tersebut diikuti oleh 400 peserta, yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak se Kota Sukabumi. Dijelaskannya, kegiatan mendongeng ini, sejalan dengan program Sugema (Sukabumi Gemar Membaca).

Selain itu, Ketua Komunitas Saung Dongeng Kota Sukabumi menjelaskan, minat baca dan mendongeng di kalangan orang tua khususnya ibu-ibu harus digiatkan kembali, untuk menjadi contoh yang baik kepada anak-anaknya. Dikatakannya, kebiasaan mendongeng di kalangan ibu-ibu kepada anaknya, merupakan salah satu hal yang positif bagi petumbuhan dan perkembangan anak, terutama dalam menjalin hubungan antara ibu dan anak.

Dikatakan pula, Pemerintah Kota Sukabumi berharap, agar kegiatan mendongeng ini dapat membangkitkan semangat warga masyarakat khususnya ibu-ibu, untuk gemar membaca dan mendongeng. Lebih jauh Ketua Komunitas Saung Dongeng Kota Sukabumi mengatakan, apabila warga masyarakat gemar membaca dan mendongeng, pengetahuan dan wawasan warga masyarakat akan semakin bertambah luas. Dengan demikian, kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) warga masyarakat Kota Sukabumi akan semakin meningkat.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan mendongeng ini, diantaranya untuk menumbuhkan kembali tradisi mendongeng di kalangan ibu-ibu dan anak TK di Kota Sukabumi. Disamping itu, juga untuk mengenalkan Komunitas Saung Dongeng Kota Sukabumi kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, supaya warga masyarakat khususnya para pelajar merasa tertarik untuk mendongeng, serta dapat bergabung dengan Komunitas Saung Dongeng Kota Sukabumi. Dijelaskannya, Komunitas Saung Dongeng Kota Sukabumi memberikan edukasi kepada anak-anak, dengan cara menyenangkan melalui media dongeng.