SELURUH ASN AGAR LEBIH AWAL MENYAMPAIKAN DATA SPT PPh MELALUI LAYANAN ONLINE E-FILING

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., menghimbau kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara)  di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar lebih awal menyampaikan data SPT PPh (Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan), melalui layanan online e-Filing. Maksud dan tujuannya, untuk menjadi teladan atau memberi contoh yang baik kepada warga masyarakat.

Himbauan PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Bimtek (Bimbingan Teknis) Pelaporan SPT PPh  melalui layanan online e-Filing, bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, di Hotel Santika Sukabumi, tepatnya tanggal 22 Maret 2018.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan oleh BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi ini, diikuti oleh seluruh Kassubag Keuangan dan Bendahara, dari setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menjelaskan, Bimtek ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam melaksanakan penyusunan, pengamanan dan pelaporan pajak, sesuai dengan Surat Edaran MenPAN RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI Nomor Tahun 2015, tentang Kewajiban Penyampaian SPT PPh bagi para WP (Wajib Pajak) orang pribadi oleh ASN, TNI dan Polri, melalui layanan online e-Filing. Selain itu, juga dalam rangka upaya mengoptimalkan penerimaan sektor pajak, khususnya dana bagi hasil Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi sudah menerbitkan Perwal (Peraturan Wali Kota) Sukabumi Nomor 3 Tahun 2014, tentang NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), yang ditindaklanjuti dengan SK (Surat Keputusan) Wali Kota Sukabumi, tentang Pembentukan Tim Ektensifikasi dan Intensifikasi Pajak Penghasilan Orang Pribadi Dalam Negeri dan Pajak Penghasilan Pasal 21.

Pada kesempatan tersebut, PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menginstruksikan kepada seluruh Kassubag Keuangan dan Bendahara, agar segera membuat bukti potong atau Formulir 1721-A2, serta segera diberikan kepada seluruh ASN di lingkungan SKPD-nya masing-masing, sebagai kelengkapan untuk mengisi SPT PPh. Selain itu, PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi menginstruksikan  kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan kesadaran, khususnya dalam menyampaikan SPT PPh setiap tahun.