SELURUH PROGRAM KERJA WALI KOTA SUKABUMI PERIODE TAHUN 2013-2018 BISA DILAKSANAKAN DAN MELEBIHI TARGET

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, seluruh program kerja selama menjabat Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, bisa dilaksanakan dengan lancar dan melebihi target, yakni mencapai 111,11 persen. Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat membuka secara resmi Rapat Pembahasan Draft Dokumen LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) Wali Kota Sukabumi Akhir Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ Wali Kota Sukabumi Akhir Masa Jabatan Tahun 2013-2018, di Hotel Horison Sukabumi, tepatnya tanggal 23 Maret 2018.

Keberhasilan tersebut, seperti diungkapkan Wali Kota Sukabumi,  juga sesuai dengan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, yakni seluruh program kerja Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, berhasil direalisasikan dengan baik dan melebihi target. Padahal dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2013-2018, hanya ditargetkan 90 persen.

Dijelaskannya, dengan keberhasilan tersebut, Kota Sukabumi menjadi kota penerima terbanyak prestasi dan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat, diantaranya Penghargaan Kinerja Tertinggi. Selain itu, juga berhasil merubah dan meningkatkan taraf kehidupan warga masyarakat Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi, diantaranya melalui pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan serta pertumbuhan ekonomi, terutama pada tahun 2018 atau pada Akhir Tahun Masa Jabatan Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni mencapai 5,43 persen. Diungkapkannya pula, ada 114 janji yang disampaikan pada saat kampanye mencalonkan Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, serta seluruh janji tersebut sudah direalisasikan dengan baik dan melebihi target.

Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh peserta Rapat Pembahasan Draft Dokumen LKPJ Wali Kota Sukabumi Akhir Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ Wali Kota Sukabumi Akhir Masa Jabatan Tahun 2013-2018, agar draft tersebut dibahas dan dikoreksi kembali, sebelum diserahkan kepada DPRD Kota Sukabumi. Karena pada akhir bulan Maret 2018 ini harus sudah diserahkan kepada DPRD Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya supaya tidak ada kesalahan ketik dan yang lainnya.

Disamping itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2018-2023 terpilh, supaya dapat melanjutkan program yang masih kurang dan belum dapat direalisasikan secara optimal. Karena selaku manusia biasa, selama menjabat Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, tidak luput dari kekurangan dan kesalahan serta kebaikan dan kelebihan. Berkaitan dengan hal tersebut, program yang masih kurang agar dilengkapi dan ditingkatkan, serta program yang baik agar dilanjutkan sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan, supaya bisa lebih baik lagi.