GEDUNG PSDKU IPB DI KOTA SUKABUMI AKAN SEGERA DIBANGUN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Gedung PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) IPB (Institut Pertanian Bogor) di Kota Sukabumi akan segera dibangun, serta ditargetkan harus selesai pada akhir tahun 2018 ini. Direktur PPLKU (Program Pendidikan di Luar Kampus Utama) IPB Kota Sukabumi, Ir. Wawan Oktariza, M.Si. menjelaskan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pembangunan gedung tersebut, saat ini sedang dilaksanakan tahapan pemetaan lokasi, tepatnya di wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi.

Sedangkan pembangunan gedung yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini, yakni pembangunan Gedung Akademik dan Gedung Administrasi, diatas lahan seluas 7 ribu meter persegi, merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dikatakannya, untuk membangun gedung tersebut, PSDKU IPB Kota Sukabumi mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp. 40 milyar.

Dikatakan pula, gedung tersebut menurut rencana akan dilengkapi ruangan labotarium perternakan, teknologi industri benih dalam bentuk lahan pertanian dan perikanan. Sebab PSDKU IPB Kota Sukabumi mendapat tambahan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp. 10 milyar, sehingga totalnya menjadi Rp. 50 milyar. Selain itu juga dikatakan, untuk peletakan batu pertama pembangunan gedung tersebut, akan dilaksanakan oleh Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si., yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan April 2018.

Adapun luas lahan yang dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pembangunan PSDKU IPB di Kota Sukabumi ini, seluruhnya mencapai 14,1 hektar. Dijelaskannya, luas lahan tersebut secara otomatis sudah dihibahkan kepada Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi), serta dihak patenkan kepada IPB. Dijelaskan pula, PSDKU IPB Kota Sukabumi saat ini sedang mengajukan penambahan luas lahan antara 10 hingga 15 hektar. Maksud dan tujuannya, supaya luas lahan yang dimiliki oleh PSDKU IPB Kota Sukabumi ini bisa mencapai 24 sampai dengan 30 hektar. Sebab menurut aturan, untuk pembangunan sebuah kampus baru harus memiliki lahan seluas 25 hektar.

Lebih jauh dijelaskan, selain akan membangun gedung, PPLKU IPB Kota Sukabumi juga akan membangun asrama mahasiswa. Sedangkan untuk mewujudkan pembangunan tersebut, PSDKU IPB Kota Sukabumi akan mengusulkan kepada Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI. Diharapkannya, pembangunan gedung tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, supaya dapat selesai pada akhir tahun 2018 ini. Diharapkan pula, dari 6 Prodi (Program Studi) PSDKU IPB Kota Sukabumi, kedepannya bisa meluluskan sebanyak 300 orang untuk setiap angkatannya.