SELURUH SKPD AGAR MEMANFAATKAN DATA DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., menghimbau kepada seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar memanfaatkan data dan dokumen kependudukan, untuk mendukung pelayanan publik dan perencanaan pembangunan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, sesuai dengan Pemendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 61 Tahun 2015, tentang Persyaratan Ruang Lingkup dan Tatacara Hak Akses NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik).

Dijelaskannya, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan ini, merupakan amanah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006, tentang Administrasi Kependudukan. Selain itu, juga merupakan bentuk integrasi data tentang penduduk oleh seluruh lembaga pengguna. Sebab data dan dokumen kependudukan ini memiliki 4 manfaat, yakni manfaat perencanaan, manfaat alokasi anggaran, manfaat untuk menangkal kriminalitas dan manfaat membangun demokrasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Disdukcapil Kota Sukabumi terus berusaha, yakni selain memberi dan meningkatkan pelayanan pembuatan data dan dokumen kependudukan kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, juga memberi pelayanan dan penekanan kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, supaya data dan dokumen kependudukan ini bisa didapatkan, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) SKPD masing-masing, kendati Disdukcapil Kota Sukabumi memiliki 31 element data dan dokumen yang harus dirahasiakan.

Dijelaskan pula, sejak dikeluarkan dan diberlakukannya Permendagri RI Nomor 61 Tahun 2015 tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tatacara Pemberian Hak Akses Pemanfaatan NIK dan KTP-el, Disdukcapil Kota Sukabumi sudah melakukan perjanjian kerjasama, dengan beberapa lembaga, sehingga dapat memudahkan dan meningkatkan akses pelayanan pembuatan data dan dokumen kependudukan kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi.

Sedangkan upaya untuk lebih meningkatkan dan memudahkan warga masyarakat Kota Sukabumi dalam membuat data dan dokumen kependudukan, Disdukcapil Kota Sukabumi terus berupaya optimal menggencarkan program Si Jempol (Siap Jemput Bola) Pelayanan Pembuatan Data dan Dokumen Kependudukan ke setiap permukiman warga masyarakat yang ada di Kota Sukabumi. Ditandaskannya, program tersebut mendapat sambutan dan antusias warga masyarakat, karena warga masyarakat merasa sangat terbantu dan mudah serta lebih efektif dan efisien dalam melakukan pembuatan data dan dokumen kependudukan.