PLT SEKRETARIS DAERAH KOTA SUKABUMI MEMIMPIN ZIARAH ROMBONGAN KE TMP SURYAKENCANA KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., hari Rabu pagi, 28 Maret 2018, memimpin Ziarah Rombongan ke TMP (Taman Makam Pahlawan) Suryakencana Kota Sukabumi, dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 104 Tahun Kota Sukabumi, tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2018. Adapun Pembawa Krans Bunga, Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, dan Satuan Musik, Gema Swara Korpri Kota Sukabumi.

Sedangkan peserta ziarah tersebut, terdiri dari Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Gabungan Perwira TNI dan Polri, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, serta para Camat dan Lurah. Kemudian Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kancana, Yon Armed 13 Nanggala Kostrad dan Polres Sukabumi Kota, serta Gabungan Korpri Kota Sukabumi, PGRI, Dinas Perhubungan, para Guru, OKP, Pramuka, PMR, Mahasiswa dan Pelajar.

Selanjutnya rangkaian ziarah tersebut. terdiri dari Penghormatan Kepada Arwah Para Pahlawan, Mengheningkan Cipta, Peletakan Krans Bunga, Pembacaan Doa, dan Penghormatan Terakhir Kepada Arwah Para Pahlawan, dilanjutkan Tabur Bunga ke Makam para Pahlawan oleh Pimpinan Ziarah, Perwira Ziarah, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Ketua DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, Ketua Persit (Persatuan Isteri Prajurit) Kartika Chandra Kirana Kodim 0607 Kota Sukabumi, Ketua Bhayangkari Polres Sukabumi Kota, Dan Yonif 310 Kidang Kancana, serta Dan Yon Armed 13 Nanggala Kostrad. Usai Ziarah dan Tabur Bunga ke TMP Suryakencana Kota Sukabumi, dilanjutkan Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Walikota Sukabumi Pertama, R. Syamsudin, S.H., di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Ciandam.

Pada kesempatan tersebut, PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Ziarah dan Tabur Bunga ini, untuk mengenang sekaligus menghormati arwah para pahlawan, atas berbagai perjuangan dan pengorbanannya kepada nusa dan bangsa, khususnya dalam memerdekakan bangsa dan negara Indonesia dari tangan para penjajah, termasuk dalam membentuk dan mendirikan Pemerintahan Kota Sukabumi, yakni dari semenjak dibentuk dan didirikannya Gemeente Sukabumi tanggal 1 April 1914 yang lalu.