SEBANYAK 355 ASN MENDAPAT ANUGERAH TANDA KEHORMATAN SATYA LANCANA KARYA SATYA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 355 ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, mendapat anugerah Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya 30 Tahun. 20 Tahun dan 10 Tahun dari Presiden RI. Anugerah tersebut disematkan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., didampingi PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., tepatnya tanggal 27 Maret 2018, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi. dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 104 Tahun Kota Sukabumi, 1 April 2018. Hadir pada kesempatan tersebut, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Satya Lancana Karya Satya merupakan penghargaan dari Negara kepada ASN, yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta Negara dan Pemerintah dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan kedisiplinan yang tinggi, sehingga dapat dijadikan teladan oleh ASN lainnya. Selain itu juga harus sudah mengabdikan diri selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang mendapat anugerah Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya ini, dapat menjadi teladan bagi ASN lainnya.

Dijelaskan pula, ASN sebagai unsur Aparatur Negara, Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama. Oleh karenanya. penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya ini tidak berdasarkan pangkat dan golongan, tapi didasarkan pada lamanya bekerja, yakni 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Lebih jauh Wali Kota Sukabumi menjelaskan, ASN semakin dituntut untuk memiliki kualitas, baik dari sisi kompetensi maupun dari sisi integritas yang memadai, khususnya dalam menjalankan tugas dengan baik dan benar, sesuai dengan etika serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sebab kompetensi dan integritas, merupakan salah satu syarat penting bagi ASN dalam menjalankan tugas. Disamping itu, juga harus senantiasa berupaya optimal memberi dan meningkatkan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) serta bidang masing-masing.