PAWAI SENI BUDAYA KOTA SUKABUMI TAHUN 2018 BERLANGSUNG GEBYAR DAN SEMARAK

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pawai Seni Budaya Kota Sukabumi Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, hari Kamis, 29 Maret 2018, dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan Hari Jadi Ke 104 Tahun Kota Sukabumi, 1 April 2018, berlangsung gebyar dan semarak.

Karena pawai yang diikuti oleh 15 kota dan kabupaten se Jawa Barat serta 7 kecamatan se Kota Sukabumi ini, menampilkan berbagai jenis seni budaya ciri khas daerahnya masing-masing, membuat warga masyarakat yang menonton pawai ini merasa kagum dan terpesona, melihat keunikan dan kreasi yang ditampilkan oleh para peserta pawai, baik dari sisi musik maupun dari sisi tariannya, serta dari sisi busana dan perlengkapan penunjang lainnya.

Pawai tersebut disaksikan oleh puluhan ribu warga masyarakat di sepanjang rute pawai dan di sekitar Panggung Kehormatan, Jalan R. Syamsudin, S.H. tepatnya depan Balai Kota Sukabumi. Adapun rute pawai tersebut, antara lain start dari Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan R.E. Marta Dinata, Jalan Siliwangi dan finish di Jalan R. Syamsudin, S.H., setelah melewati Panggung Kehormatan.

Sejumlah warga masyarakat yang menonton pawai ini mengatakan merasa kagum melihat berbagai jenis seni budaya yang ditampilkan oleh 15 kota dan kabupaten se Jawa Barat serta 7 kecamatan se Kota Sukabumi. Selain itu, sejumlah warga masyarakat juga mengatakan, Provinsi Jawa Barat benar-benar kaya akan berbagai jenis seni budaya. Sebab dari 15 kota dan kabupaten se Jawa Barat yang mengikuti pawai ini, menampilkan seni budaya ciri khas daerahnya masing-masing, yang baru diketahui dan dikenal pada pawai ini.

Untuk itu, sejumlah warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sukabumi, yang sudah menyelenggaraan pawai ini, sehingga dapat mengetahui dan mengenal berbagai jenis seni budaya ciri khas daerah kota dan kabupaten di Jawa Barat, seraya mengharapkan, agar pawai ini senantiasa dilaksanakan secara rutin setiap tahun, karena sangat positif dan besar manfaatnya bagi warga masyarakat, khususnya dalam mengetahui dan mengenal berbagai jenis seni budaya ciri khas kota dan kabupaten di Jawa Barat. Disamping itu, sejumlah warga masyarakat juga mengucapkan selamat Hari Jadi Yang Ke 104 Kota Sukabumi, sekaligus mengharapkan, agar Kota Sukabumi bisa lebih sejahtera dan maju lagi dalam berbagai bidang.