DALAM USIA KE 104 TAHUN KOTA SUKABUMI BANYAK MENGALAMI KEMAJUAN DALAM BERBAGAI BIDANG

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Drs. H. Gabril Sukarman, M.Pd. menjelaskan, pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, baru saja memperingati Hari Jadi Ke 104 Tahun Kota Sukabumi, 1 April 2018, serta berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi atas nama jajaran panitia, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik kepada aparat maupun kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, yang telah membantu dan menyukseskan peringatan Hari Jadi Ke 104 Tahun Kota Sukabumi.

Penjelasan dan ucapan terima kasih Kepala Diskominfo Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan pada saat menjadi Pembina Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, hari Senin pagi, 2 April 2018, di Halaman Upacara Setda Kota Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala Dinas dan Badan serta Kepala Bagian dan Kepala Bidang.

Dijelaskan pula, dalam usia ke 104 tahun dan kepemimpinan Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Kota Sukabumi banyak mengalami kemajuan dalam berbagai bidang, baik dalam bidang pemerintahan maupun dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan serta dalam bidang ekonomi, terutama pada tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni mencapai 5,43 persen. Demikian pula PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), yang sebelumnya pada tahun 2013 mencapai 23,47 persen, saat ini menjadi 32 persen.

Selanjutnya IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Sukabumi, yang sebelumnya pada tahun 2013 mencapai 70 poin saat ini menjadi 72,33 poin, karena komponen IPM Kota Sukabumi mengalami peningkatan yang sangat berarti, baik dari segi indeks pendidikan dan kesehatan maupun dari segi daya beli masyarakat. Kemudian rasio Kota Sukabumi yang sebelumnya pada pada tahun 2013 sekitar  0,40 persen, saat ini mengalami penurunan secara drastis yakni menjadi 0,14 persen.

Untuk itu, Kepala Diskominfo Kota Sukabumi mengajak kepada semua pihak, baik kepada aparat pemerintah maupun kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, agar keberhasilan tersebut senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan, yakni yang masih kurang agar ditingkatkan supaya menjadi baik, dan yang sudah baik agar ditingkatkan dan dikembangkan supaya menjadi lebih baik lagi. Karena dalam era digital saat ini, semua pihak tidak bisa berjalan dan bekerja sendiri, tapi harus senantiasa berkolaborasi dengan yang lain.