WALI KOTA SUKABUMI MENYAMPAIKAN LKPJ AKHIR TAHUN ANGGARAN 2017 DAN LKPJ AMJ PERIODE TAHUN 2013-2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menyampaikan LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Akhir Tahun Anggaran 2017 dan LKPJ AMJ (Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, kepada DPRD Kota Sukabumi, pada Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., hari Senin, 2 April 2018, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Sukabumi menjelaskan, penyampaian LKPJ dan LKPJ AMJ ini, sejalan dengan ketentuan Pasal 71 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007, Tentang LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) kepada Pemerintah, LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD, dan Informasi LPPD kepada Masyarakat.

Selain itu, Ketua DPRD Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Wali Kota Sukabumi beserta seluruh jajarannya, yang telah berupaya menyusun dan menyampaikan Buku LKPJ dan LKPJ AMJ kepada DPRD tepat pada waktunya. Dikatakannya, Rapat Paripurna ini akan dilanjutkan Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Sukabumi, diteruskan Rapat Paripurna Jawaban Wali Kota Sukabumi dan Rapat Paripurna Pembentukan Pansus (Panitia Khusus) Pembahasan LKPJ dan LKPJ AMJ, pada hari Rabu, 4 April 2018, mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.

Sementara Wali Kota Sukabumi menjelaskan, LPPD bukan hanya mencerminkan kinerja Kepala Daerah saja, akan tetapi mencerminkan kinerja seluruh jajaran birokrasi, DPRD dan berbagai komponen warga masyarakat. Hal tersebut didasarkan pada paradigma yang dianut di Indonesia, bahwa tata pemerintahan yang baik ditopang oleh tiga pilar, yakni pemerintahan, sektor swasta dan masyarakat.

Dijelaskan pula, beberapa indikator makro pembangunan di Kota Sukabumi selama periode tahun 2013-2018, harus diakui oleh semua pihak, sudah mengalami peningkatan yang sangat berarti. Antara lain, LPE (Laju Pertumbuhan Ekonomi), PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Perkapita dan Daya Beli Masyarakat, mengalami peningkatan yang cukup sinifikan.

Demikian pula dalam bidang kesejahteraan sosial, pendidikan dan kesehatan, secara faktual mengalami trend peningkatan yang lebih baik. Antara lain AMH (Angka Melek Huruf), RLS (Rata-Rata Lama Sekolah), AHH (Angka Harapan Hidup), AKB (Angka Kematian Bayi), PPM (Prosentase Penduduk Miskin), dan APAK (Angka Partisipasi Angkatan Kerja).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, para Pimpinan Organisasi Sosial, Politik, Kemasyarakatan, Pemuda dan Wanita, serta Mahasiswa dan para tamu undangan lainnya.