SUDAH SEJAK DULU KOTA SUKABUMI POPULER DENGAN PELAYANAN PUBLIKNYA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi, Mellan Maulana menandaskan, sudah sejak dulu Kota Sukabumi populer kemana-mana dengan pelayanan publiknya yang baik, serta udaranya yang sejuk dan segar. Berkaitan dengan hal tersebut, oleh orang Belanda, pada tanggal 1 April 1914, Kota Sukabumi dijadikeun Burgerlijk Bestuur dengan status Gemeente. Adapun yang menjadi alasannya, karena banyak orang Belanda dan Eropa para pemilik perkebunan di daerah selatan Sukabumi, yang bertempat tinggal di Kota Sukabumi, serta harus diurus dan diberi pelayanan secara istimewa.

Selain itu, Kota Sukabumi juga jadi tempat lahirnya Nederlansch Indische Kinologi Vereeninging, tepatnya tanggal 17 Maret 1922, serta diakui di dunia intemasional pada waktu itu juga, dan pada tahun 1982 disahkan oleh Menteri Kehakiman, serta namanya diganti jadi Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia) sampai sekarang, sekaligus menjadi salah satu kebanggaan bagi warga masyarakat Kota Sukabumi.

Penandasan Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Sukabumi, dalam rangka  memperingati Hari Jadi Ke 104 Tahun Kota Sukabumi, 1 April 2018, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi, dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP.

Ditandaskan pula, mengenai prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Kota Sukabumi tidak perlu diragukan lagi. Karena segudang prestasi dan penghargaan dalam berbagai bidang sudah diraih oleh Kota Sukabumi, baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun dari Pemerintah Pusat. Diantaranya dalam bidang pendidikan, kesehatan, transportasi, ekonomi, manajemen anggaran dan yang lainnya. Dikatakannya, sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi, para pemuda Kota Sukabumi merupakeun harapan bangsa, supaya bisa menjalankan pendidikan, kesehatan dan perdagangan serta politik di berbagai sektor, untuk kemajuan dan perkembangan Kota Sukabumi.

Disamping itu, Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi mengharapkan, dalam momen Peringatan Hari Jadi Ke 104 Tahun Kota Sukabumi, para pemuda Kota Sukabumi harus dapat memberikan kontribusi yang positif, untuk mengawal berbagai bidang pembangunan di Kota Sukabumi. Intinya para pemuda harus terjun dan berpartisipasi, dalam berbagai bidang pembangunan. Kendati hingga saat ini, baik eksekutif maupun legislatif di daerah, masih belum optimal melibatkan para pemuda dalam pembangunan. Padahal para pemuda merupakan aktor pembangunan yang paling utama.