BELASAN POHON TUMBANG DI SEJUMLAH TITIK RUAS JALAN DI KOTA SUKABUMI

Reporter : Redaktur : ENDANG SUMARDI

Belasan pohon tumbang di sejumlah titik ruas jalan di Kota Sukabumi, akibat diterpa hujan lebat dan angin kencang, tepatnya pada hari Rabu sore, 4 April 2018, sekitar pukul 15.00 WIB. Diantaranya di Jalan Veteran II, Jalan A. Yani, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Brawijaya, Jalan Bhayangkara, Jalan Kabandungan, Jalan Suryakencana, Jalan Rumah Sakit Bunut, Jalan Siliwangi, Jalan R. Syamsudin, S.H., Jalan R.E. Martadinata, dan Jalan Tipar. Selain itu, juga sejumlah reklame, auning pertokoan dan tiang listrik roboh.

Dengan banyaknya pohon tumbang di sejumlah titik ruas jalan di Kota Sukabumi ini, mengakibatkan arus lalu lintas di sejumlah titik ruas jalan mengalami kemacetan. Namun atas kesigapan aparat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan instansi terkait yang dibantu oleh warga masyarakat, belasan pohon yang tumbang tersebut dapat segera diatasi, sehingga arus lalu lintas di sejumlah titik ruas jalan yang terkena musibah tersebut, dalam jangka waktu yang tidak lama dapat normal kembali.

Sekertaris BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, Sandra Utama Teguh, S.Kom. menjelaskan, BPBD Kota Sukabumi langsung menugaskan sejumlah pegawai, untuk melakukan evakuasi dan menangani musibah tersebut. Dijelaskan pula, akibat hujan lebat dan angin kencang ini, mengakibatkan sebanyak 19 pohon tumbang di 17 titik ruas jalan di Kota Sukabumi, serta sebanyak 10 kendaraan yang diparkir di pinggir jalan dan pertokoan tertimpa pohon tumbang dan auning pertokoan. Namun dari 10 kendaraan tersebut, hanya 4 kendaraan yang mengalami rusak berat. Disamping itu juga ada 2 orang suami-isteri yang sedang mengendarai kendaraan mengalami luka, akibat kendaraannya tertimpa pohon di Jalan R. Syamsudin, S.H. Dikatakannya, ke 2 orang tersebut langsung dilarikan ke RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan. Sedangkan kerugian akibat musibah tersebut, diperkirakan mencapai Rp. 230 juta.

Sekertaris BPBD Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar senantiasa waspada terutama pada saat terjadi turun hujan lebat yang disertai angin kencang. Sebab sangat rentan terjadi musibah, seperti pohon tumbang dan yang lainnya. Untuk itu, Sekertaris BPBD Kota Sukabumi menyarankan kepada segenap warga masyarakat, apabila terjadi turun hujan lebat dan angin kencang, agar tidak berteduh di bawah atau di dekat pohon dan mencari tempat yang lebih aman. Demikian pula kepada para pengendara, seandainya hal tersebut terjadi, lebih baik berhenti dulu di tempat yang lebih aman. Maksud dan tujuannya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.