BAGI SETIAP WARGA MASYARAKAT YANG MEMBUAT ADMINDUK TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., bagi setiap warga masyarakat Kota Sukabumi yang membuat Adminduk (Admistrasi Kependudukan) di Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, seperti KK (Kartu Keluarga), KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik), Akta Perkawinan, Akta Kematian dan yang lainnya, tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Rakor (Rapat Koordinasi) Kebijakan Kependudukan, tepatnya tanggal 4 April 2018, di Hotel Horison Sukabumi.

Selain itu juga ditandaskan, dengan telah dicanangkannya GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI, ada 3 hal yang harus senantiasa diperhatikan oleh semua pihak. Yakni sadar tentang pentingnya Adminduk yang benar, sadar melayani Adminduk menuju masyarakat yang bahagia, baik masyarakatnya maupun petugasnya dan Lembaga Pengguna Data, serta sadar Adminduk di semua tingkatan, dari mulai Tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kota, hingga Tingkat Provinsi dan Pusat. Karena Adminduk ini sangat penting dimiliki oleh setiap warga masyarakat dan warga Negara Indonesia, untuk berbagai kepentingan.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan serta kemudahan warga masyarakat Kota Sukabumi yang membuat Adminduk, Wali Kota Sukabumi meminta sekaligus menginstruksikan kepada seluruh pegawai Disdukcapil Kota Sukabumi, agar terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada setiap warga masyarakat yang membuat Adminduk. Sebab baik buruknya kualitas pelayanan, salah satunya dapat dilihat dari tanggapan warga masyarakat yang dilayani. Namun berdasarkan tanggapan dari sejumlah warga masyarakat yang membuat Adminduk di Disdukcapil Kota Sukabumi, mengatakan merasa puas karena pelayanannya sudah semakin baik.

Sementara Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menjelaskan, pihaknya beserta seluruh jajarannya siap memberikan pelayanan pembuatan Adminduk khususnya KK dan KTP-el kepada setiap warga masyarakat Kota Sukabumi, paling lama dalam jangka waktu satu jam selesai. Hal tersebut sesuai dengan himbauan dan usulan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI, terkait percepatan pembuatan KK dan KTP-el maksimum dalam jangka waktu satu jam harus sudah selesai.

Dikatakannya, kesiapan percepatan pembuatan Adminduk tersebut, karena Disdukcapil Kota Sukabumi sudah ditunjang oleh berbagai peralatan serta prasarana yang lengkap dan memadai, sehingga dalam melakukan pembuatan Adminduk tersebut tidak akan menemui kendala, dengan catatan apabila jaringannya tidak error, baik di Disdukcapil Kota Sukabumi maupun di Pusat. Dikatakan pula, apabila jaringannya tidak ada kendala, dalam setiap harinya Disdukcapil Kota Sukabumi mampu memberikan pelayanan pembuatan KTP-el kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, antara 350 sampai dengan 600 orang.

Sedangkan jumlah warga masyarakat Kota Sukabumi wajib KTP yang belum melakukan perekaman data Adminduk, menurut Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi pada saat melakukan program Si Jempol (Siap Jemput Bola) Pelayanan Adminduk Sesi 1, tepatnya tanggal 6 April 2018, di Halaman Balai Kota Sukabumi dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 104 Tahun Kota Sukabumi, sampai dengan 6 April 2018, tercatat 1.900 orang, tersebar di 7 kecamatan dan 33 kelurahan se Kota Sukabumi.