SELURUH PELAKU USAHA AGAR SEGERA MENGEMBALIKAN PRODUK IKAN MAKAREL DALAM KALENG

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi kembali menghimbau kepada seluruh pelaku usaha di Kota Sukabumi, agar segera mengembalikan produk ikan makarel dalam kaleng yang terkontaminasi perasit cacing, kepada distributor dan tidak diperjual-belikan kepada para konsumen. Karena tidak dipungkiri, hingga saat ini masih ada produk ikan tersebut di pasaran di Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr. Hj. Ritanenny Edlien Silyena Mirah menandaskan, himbauan tersebut sesuai dengan Surat Edaran dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), tentang produk ikan makarel dalam kaleng yang terkontaminasi perasit cacing. Diharapkannya, dengan himbauan tersebut, seluruh pelaku usaha di Kota Sukabumi bisa secepatnya mengembalikan produk ikan tersebut kepada distributor.

Ditandaskan pula, selain menyampaikan himbauan, Pemerintah Kota Sukabumi juga akan menindaklanjuti isu produk ikan tersebut, dengan melaksanakan Sidak (Inpeksi Mendadak) kepada seluruh pelaku usaha di Kota Sukabumi, oleh Tim Gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian), DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan), serta Satgas (Satuan Tugas) Pangan Polres Sukabumi Kota.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi mengatakan, apabila di lapangan ditemukan ada produk ikan tersebut, akan langsung disita dan diamankan, termasuk seluruh produk yang dianggap tidak layak konsumsi, sesuai dengan Surat Edaran dari BPOM. Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi juga menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar lebih selektif dalam membeli dan mengkonsumsi makanan, serta sebelum membeli produk makanan agar melihat terlebih dahulu kemasan dan batas akhir kedaluarsanya, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak.

Dalam pada itu, Kepala Bidang Perdagangan Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, Drs. H. Heri Sihombing menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan Surat Edaran langsung dari BPOM, tentang produk ikan makarel dalam kaleng yang terkontaminasi perasit cacing. Bahkan pihak Diskop UKM-PP Kota Sukabumi sudah melaksanakan Rakor (Rapat Koordinasi) dengan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, unruk menindak-lanjuti Surat Edaran tersebut.