PKK SENANTIASA MEMBERIKAN PEMAHAMAN KEPADA SELURUH KELUARGA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, PKK senantiasa bahu-membahu bersama warga masyarakat, memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga dan lingkungan, supaya dapat menjadi benteng utama dan pertama, dalam menciptakan kondisi warga masyarakat yang aman, nyaman, tenteram dan damai. Sebab dengan kondisi tersebut, akan tercipta kondisi Indonesia yang damai.

Penandasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan, pada Peringatan Ke 46 HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2018, tepatnya tanggal 5 April 2018, di Ruangan Pertemuan Sekretariat TP PKK Kota Sukabumi, dengan mengangkat tema, Kerukunan dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Wujudkan Indonesia Damai.

Ditandaskan pula, baik secara politis maupun secara sosial, kaum wanita hampir tanpa hambatan bersama kaum pria secara sinergis mengambil peranan yang sama, dalam membangun dan mengembangkan bangsa. Disamping itu, juga dalam berbagai bidang kehidupan dan potensi, kaum wanita dapat mengekspresikan cita-cita, harapan dan kemampuan. Bahkan pada saat ini, kaum wanita telah mampu menjadi seorang pemimpin negara, pemimpin daerah, serta aktif di partai dan di legislatif, menjadi pimpinan perusahaan, pimpinan lembaga sosial, lembaga kemasyarakatan, lembaga pendidikan dan sebagainya.

Wali Kota Sukabumi mengatakan, HKG PKK ini merupakan salah satu wadah bagi kaum wanita, untuk mengekspresikan cita-cita, harapan, kemampuan dan tanggungjawab, guna membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Dikatakan pula, apabila dikaji secara mendalam, harus diakui oleh semua pihak, bahwa peran kaum wanita lebih dominan, berat dan strategis, terutama dalam menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas dan berakhlakul karimah, melalui pendidikan informal dalam keluarga, dimulai dari bayi dalam kandungan sampai menjadi seorang anak remaja berangkat dewasa.

Selain itu juga dikatakan, peran kaum wanita khususnya para ibu, bukan hanya membantu mengembangkan kecerdasan saja, akan tetapi juga membekali anak-anak dengan pendidikan agama dan budi pekerti yang luhur, untuk menciptakan masa depan bangsa yang lebih baik. Selanjutnya dikatakan, dalam konteks pemahaman demikian, ibu-ibu khususnya yang tergabung dalam wadah PKK, diharapkan dapat berperan lebih aktif bersama-sama dengan unsur Pemerintah Kota Sukabumi dan berbagai komponen warga masyarakat lainnya, terutama dalam menyukseskan berbagai program PKK khususnya di Kota Sukabumi.