DINAS PERHUBUNGAN KOTA SUKABUMI MEMBAGIKAN 100 HELM SNI GRATIS KEPADA PARA PENGGUNA SEPEDA MOTOR

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan kesadaran kepada para pengguna jalan tentang keselamatan berlalu-lintas, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi membagikan 100 Helm SNI (Standar Nasional Indonesia) secara gratis, kepada para pengguna sepeda motor di Kota Sukabumi, tepatnya mulai tanggal 9 April 2018, di sejumlah ruas jalan utama di Kota Sukabumi.

Para pengguna sepeda motor yang mendapatkan helm gratis dari Dinas Perhubungan Kota Sukabumi ini, yakni para pengguna sepeda motor yang kedapatan menggunakan helm tidak sesuai SNI atau helm yang sudah tidak layak pakai. Adapun pembagian helm gratis yang diberikan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi kepada para pengguna sepeda motor tersebut, pada hari pertama dimulai dari Jalan R. Syamsudin, S.H,, kemudian ke Jalan Bhayangkara dan Jalan A. Yani, dari pagi hingga siang hari.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Santi Susanti, S.T. menjelaskan, pembagian helm gratis kepada para pengguna sepeda motor tersebut dijadualkan berlangsung selama satu minggu, serta dilaksanakan bersifat mobile, yakni di jalan-jalan utama di Kota Sukabumi. Sebab pemakaian Helm SNI ini, diwajibkan oleh para pengendara sepeda motor. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dijelaskan pula, pada hari pertama pembagian helm ini, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi membagikan helm secara gratis kepada 25 orang pengendara sepeda motor, serta direspon secara baik dan positif oleh pengendara sepeda motor tersebut.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Sukabumi mengatakan, selain membagikan helm kepada para pengendara sepeda motor, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dan Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, beberapa waktu yang lalu melaksanakan sosialisasi ketertiban dan keselamatan berlalu-lintas, kepada para pelajar di 7 sekolah di Kota Sukabumi. Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan selama 5 hari, tepatnya dari tanggal 19 sampai dengan 23 Maret 2018, serta diikuti oleh 50 pelajar dari setiap sekolahnya.

Sedangkan maksud dan tujuan dilakanakannya sosialisasi tersebut, diantaranya untuk memberikan kesadaran kepada para pelajar di Kota Sukabumi, tentang pentingnya menjaga ketertiban dan keselamatan berlalu-lintas sebagai pengguna jalan. Dikatakan pula, tata tertib berkendara harus senantiasa menggunakan Sabuk Keselamatan dan memakai Helm SNI, serta harus senantiasa fokus menjaga ketertiban dan keselamatan berlalu-lintas selama berkendara.