SSA DI JALAN STASIUN TIMUR KOTA SUKABUMI SUDAH MENGGUNAKAN MANAJEMEN WAKTU

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., SSA (Sistem Satu Arah) di Jalan Stasiun Timur Kota Sukabumi, sudah menggunakan manajemen waktu, tepatnya sejak tanggal 31 Maret 2018 yang lalu, yakni dari mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Sedangkan dari mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB, diberlakukan Sistem Dua Arah.

Dijelaskan pula, diberlakukannya manajemen waktu di Jalan Stasiun Timur ini, didasarkan pada hasil uji coba selama satu bulan dan survei di lapangan. Selain itu juga dijelaskan, dari survei yang dilakukan, sebanyak 71 persen responden yang terdiri dari para pengemudi Angkot, para Pedagang dan warga masyarakat, mendukung diberlakukannya SSA. Sedangkan sisanya sebanyak 29 persen, menginginkan Sistem Dua Arah. Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi memberlakukan manajemen waktu, sebagai salah satu solusi yang tepat dalam mengatur waktu SSA dan Sistem Dua Arah di Jalan Stasiun Timur. Karena manajemen waktu tersebut, dapat mengakomodir keinginan para pengemudi Angkot, para Pedagang dan warga masyarakat.

Lebih jauh Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menjelaskan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pemberlakuan dua sistem di Jalan Stasiun Timur ini, pihak Dinas Perhubungan Kota Sukabumi sudah memasang rambu-rambu lalu lintas di jalan tersebut. Disamping itu juga dijelaskan, selama proses evaluasi pemberlakukan dua sistem tersebut dilaksanakan, para pengemudi kendaraan yang melanggar ketentuan tersebut belum dikenakan sanksi, yakni hanya diberikan teguran dan pemahaman saja.

Sementara Kepala Bidang LLA (Lalu Lintas dan Angkutan) Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, H.R. Imran Whardhani, A.Md.LLAJ., S.IP., M.Si. mengatakan, digunakannya manajemen waktu tersebut, didasarkan pada hasil evaluasi di lapangan dan hasil wawancara dengan para pengguna jalan dan warga masyarakat. Selain itu juga dikatakan, digunakannya manajemen waktu tersebut, karena pada pagi hari terutama pada jam berangkat kerja dan sekolah serta pulang sekolah, arus lalu lintas di Jalan Stasiun Timur senantiasa mengalami kepadatan, serta adanya aktivitas perdagangan yang memakan bahu dan badan jalan. Sedangkan pada sore harinya, tingkat kepadatan arus lalu lintas di jalan tersebut mengalami pengurangan, apabila dibandingkan dengan pagi hari.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menggunakan manajemen waktu, yakni SSA dari mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB, dan Sistem Dua Arah dari mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Dikatakan pula, dengan diberlakukannya dua sistem tersebut, dapat memenuhi keinginan para pengguna jalan dan warga masyarakat.