RIBUAN FAKIR MISKIN DI KOTA SUKABUMI AKAN MENDAPAT SANTUNAN DARI BAZNAS KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Ribuan fakir miskin di Kota Sukabumi, menurut rencana akan mendapat santunan dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi. Seperti dijelaskan Sekertaris Baznas Kota Sukabumi, Drs. K.H. Muhammad Kusoy, M.Pd., santunan tersebut menurut rencana akan diberikan pada saat menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, kepada 3 ribu fakir miskin yang tersebar di 7 kecamatan dan 33 kelurahan se Kota Sukabumi. Adapun santunan tersebut, yakni berupa Sembako (Sembilan Bahan Pokok), yang teridir dari beras, makanan dan yang lainnya, untuk memenuhi kebutuhan pada saat menjalani Ibadah Puasa Tahun 1439 Hijriyah.

Dijelaskan pula, untuk persiapan Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, Baznas Kota Sukabumi sudah menyelenggarakan Rakor (Rapat Koordinasi) dengan UPZ (Unit Pelayanan Zakat) Kecamatan dan Kelurahan, serta instansi dan lembaga se Kota Sukabumi. Disamping itu juga dijelaskan, untuk memenuhi kebutuhan santunan tersebut, Baznas Kota Sukabumi akan menghimpun dana dari para agnia, dengan cara menyebarkan Kupon Infaq kepada para pelajar dari mulai tingkat SD sederajat hingga Perguruan Tinggi, serta kepada para pegawai dan karyawan se Kota Sukabumi. Adapun infaq untuk pelajar yakni sebesar Rp. 2 ribu, serta infaq untuk para pegawai dan karyawan sebesar Rp. 5 ribu.

Lebih jauh Sekertaris Baznas Kota Sukabumi menjelaskan, dari penyebaran kupon tersebut akan terhimpun dana sebesar Rp. 700 juta, sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk menyantuni sebanyak 3 ribu fakir miskin se Kota Sukabumi. Selain itu, pemberian infaq ini akan menjadi edukasi bagi para pelajar di Kota Sukabumi, khususnya dalam meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama umat manusia yang kurang mampu.

Dikatakannya, hasil dari diperolehan infaq tersebut, akan menjadi tolak ukur kesadaran warga masyarakat, dalam membayar infaq dan zakat. Karena kesadaran warga masyarakat dalam membayar infaq dan zakat ini, harus senantiasa ditingkatkan melalui berbagai cara dan upaya, termasuk penyuluhan dan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat. Dikatakan pula, sukses dan tidaknya penyebaran kupon dan penghimpunan infaq tersebut, akan menjadi indikator kesadaran umat Islam di Kota Sukabumi dalam membayar infaq dan zakat.

Sekertaris Baznas Kota Sukabumi juga mengatakan, pihaknya merasa optimis, dengan cara menyebarkan kupon infaq tersebut dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh Baznas Kota Sukabumi. Dengan demikian, berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Baznas Kota Sukabumi dalam Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, termasuk pemberian santunan kepada 3 ribu fakir miskin se Kota Sukabumi dapat berjalan dengan baik dan lancar.