KOTA SUKABUMI MENJADI KOTA PILOT PROJECT PJU DI INDONESIA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi menjadi salah satu kota pilot project atau proyek percontohan PJU (Penerangan Jalan Umum) di Indonesia, yang akan mendapat bantuan lampu PJU produk Korea secara gratis, dari KAPID (Korea Association Photonics for Industry Development) Korea Selatan, yang bergerak dalam bidang rekayasa lalu lintas dan teknologi PJU. Untuk mewujudkan hal tersebut, rombongan dari KAPID sudah berkunjung ke Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 11 April 2018, serta diterima secara resmi oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, menyambut baik atas adanya kunjungan dan rencana pemberian bantuan lampu PJU secara gratis dari KAPID. Karena bantuan lampu tersebut sangat positif dan besar manfaatnya bagi pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya untuk menunjang dan menyukseskan program Kota Sukabumi Caang. Dijelaskannya, dalam mewujudkan program tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu dan memilih lampu PJU produk terbaik, serta cocok dan kompatibel dengan kondisi wilayah Kota Sukabumi. Karena pihaknya ditawari banyak jenis dan produk lampu, dari berbagai perusahaan yang tergabung dalam KAPID. Selain itu juga dijelaskan, pihaknya beserta Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., sebelumnya sudah berkunjung ke Korea, untuk melihat proses produksi dan performance berbagai jenis lampu PJU di Korea.

Sementara Petinggi dan Pejabat KAPID sekaligus Presiden Direktur PT Via Konet International, Hwang Hwankyu, dalam kesempatan tersebut menjelaskan keunggulan lampu PJU produk perusahaannya, serta sudah diproduksi secara massal dan digunakan di selururh wilayah Korea Selatan. Bahkan beberapa negara sudah mengimpor lampu tersebut, sebagai produk standar di beberapa negara. Dijelaskannya, Kota Sukabumi merupakan kota pertama di Indonesia, yang akan menggunakan lampu PJU ini, sekaligus sebagai pilot project. Dijelaskan pula, apabila kualitas produk lampu PJU ini dinilai bagus dan cocok dipasang di Kota Sukabumi, lampunya akan segera dikirim dan diberikan secara gratis.

Usai diterima secara resmi, rombongan dari KAPID diajak oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, ke Ruangan TMC (Trafick Manajemen Control) dan Ruangan CCTV Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, untuk melihat titik-titik PJU di Kota Sukabumi melalui layar televisi, serta melakukan survei secara langsung ke lapangan. Sedangkan setelah selesai melakukan survei ke lapangan dan presentasi, rombongan dari KAPID menilai, bahwa produk lampu PJU tersebut sangat cocok dipasang di Kota Sukabumi. Untuk itu, perusahaan lampu PJU tersebut akan segera mengirimkan lampu tersebut dengan peti kemas, khusus untuk dipasang di seluruh wilayah Kota Sukabumi.