KERUSAKAN JALAN DI KOTA SUKABUMI DIAKIBATKAN OLEH DRAINASE YANG TIDAK BERFUNGSI DENGAN BAIK

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti dikatakan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Suhendar Syarief, S.T., M.Eng., kerusakan jalan di beberapa titik lokasi di Kota Sukabumi, diakibatkan oleh drainase yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga pada saat terjadi turun hujan, air dari drainase meluap ke jalan ditambah air hujan yang merendam badan jalan. Kondisi tersebut dapat mempercepat kerusakan jalan, apalagi dilewati oleh kendaraan yang over tonase.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal memperbaiki sejumlah drainase di Kota Sukabumi, supaya dapat berfungsi dengan baik dan berjalan lancar. Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan tugas tersebut, Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dalam setiap harinya menurunkan 4 orang petugas, untuk menyisir dan mengecek kondisi drainase di setiap ruas jalan di Kota Sukabumi, baik pada ruas jalan milik Pemerintah Kota Sukabumi maupun pada ruas milik Pemerintah Provinsi dan ruas jalan nasional milik Pemerintah Pusat. Hal tersebut dilakukan, karena saling berkaitan.

Adapun drainase yang baru-baru ini diperbaiki akibat kondisi fisiknya rusak, diantaranya di 4 titik lokasi ruas jalan, yakni di jalan Letda T. Asmita, di depan SMP Negeri 6 Kota Sukabumi, di Jalan Sindangsari, dan di Jalan Karamat. Dijelaskannya, pemeliharaan dan perbaikan drainase yang bermasalah akibat tersumbat tumpukan sampah, menjadi fokus pekerjaannya. Karena tidak memerlukan anggaran yang besar, sebab para petugas hanya membersihkan tumpukan sampah yang ada pada drainase. Dijelaskan pula, drainase yang bermasalah akibat tersumbat tumpukan sampah ini, paling banyak ditemukan, terutama pada saat terjadi turun hujan, diantaranya di jalan Subangjaya, jalan Karamat dan jalan-jalan Nasional.

Lebih jauh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menjelaskan, terjadinya luapan air drainase ke jalan ini, akibat saluran drainasenya tersumbat oleh tumpukan sampah. Hal tersebut terjadi, akibat kurangnya kesadaran warga masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. Untuk itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke kali dan drainase, sebab dapat menimbulkan bencana banjir, akibat tersumbat tumpukan sampah.

Selain itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi juga meminta kepada segenap lapisan warga masyarakat, apabila melihat ada drainase yang rusak atau tidak berfungsi dan kondisi fisik jalan yang mengalami kerusakan khususnya jalan milik Pemerintah Kota Sukabumi, agar segera dilaporkan ke Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, untuk secepatnya ditindaklanjuti dan ditangani secara optimal. Sedangkan untuk kondisi fisik jalan yang mengalami kerusakan, akan dijadikan bahan pertimbangan dan kebijakan, untuk dimasukan dalam agenda dan rencana perbaikan.