SELUAS 600 HEKTAR LAHAN SAWAH DI KOTA SUKABUMI BISA DIIKUTSERTAKAN PADA PROGRAM AUTP

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sekretaris DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, drh. Ate Rahmat, M.Si. menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi melalui DKP3 Kota Sukabumi menargetkan seluas 600 hektar lahan sawah di Kota Sukabumi, pada tahun 2018 bisa diikutsertakan pada program AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi).

Untuk itu, Sekretaris DKP3 Kota Sukabumi menghimbau kepada para petani di Kota Sukabumi agar mengikuti program tersebut, sebab sangat positif dan besar manfaatnya bagi para petani, yakni dapat menjamin kesejahteraan para petani dari berbagai hal yang dapat merugikan para petani, Karena dengan mengikuti program tersebut, para petani mendapat jaminan terhadap kerusakan tanaman yang diakibatkan banjir, kekeringan, serangan hama dan penyakit tumbuhan, dengan mendapatkan ganti rugi.

Dijelaskan pula, bagi para petani yang akan mengikuti program tersebut, harus membayar premi asuransi kepada P.T. Asuransi Jasindo sebesar Rp. 180 ribu per hektar per musim tanam. Namun premi tersebut, nanti akan disubsidi oleh pemerintah sebesar Rp. 144 ribu  per hektar per musim. Dengan demikian, para petani hanya membayar premi secara swadaya sebesar Rp. 36 ribu per hektar per musim.

Selain itu juga dijelaskan, dengan membayar premi tersebut, para petani akan mendapatkan perlindungan dari P.T. Asuransi Jasindo, sesuai dengan yang dipertanggungkan berdasarkan ketentuan, apabila terjadi gagal panen. Adapun harga pertanggungan ditetapkan sebesar Rp. 6 juta per hektar per musim. Dikatakannya, harga pertanggungan tersebut menjadi dasar perhitungan premi dan batas maksimum ganti rugi.

Sekretaris DKP3 Kota Sukabumi menandaskan, target seluas 600 hektar lahan sawah di Kota Sukabumi pada tahun 2018 bisa diikutsertakan pada program AUTP ini, optimis bisa dicapai bahkan bisa melebihi target seperti pada tahun 2017. Sebab pada tahun 2017, DKP3 Kota Sukabumi berhasil mengikutsertakan seluas 540 hektar lahan sawah di Kota Sukabumi pada program AUTP, dari target 400 hektar atau mencapai 135 persen.

Diungkapkannya, hingga Triwulan Pertama Tahun 2018, luas lahan sawah di Kota Sukabumi yang sudah mengikuti program tersebut sudah mencapai 113 hektar atau sudah mencapai 19 persen dari target yang ditetapkan. Untuk itu, Sekretaris DKP3 Kota Sukabumi mangatakan merasa optimis, bahwa target luas lahan sawah di Kota Sukabumi untuk diikutsertakan pada program tersebut dapat dicapai dengan baik dan berjalan lancar.