KERUKUNAN UMAT BERAGAMA ADALAH SALAH SATU BENTUK SOSIALISASI YANG DAMAI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kerukunan Umat Beragama adalah salah satu bentuk sosialisasi yang damai dan tercipta berkat adanya toleransi agama. Sebab toleransi agama merupakan salah satu sikap saling pengertian dan menghargai, tanpa adanya diskriminasi dalam hal apapun, khususnya dalam masalah agama. Untuk itu, kerukunan umat beragama sangat penting dilakukan, dalam rangka upaya mencapai kesejahteraan hidup warga masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Forum Dialog Antar Umat Beragama yang mengambil tema Tingkatkan Kerukunan, Hargai Perbedaan, Mari Kita Wujudkan Kota Sukabumi Kondusif, bertempat di Toserba Selamat Sukabumi, mewakili Wali Kota Sukabumi.

Pada bagian lain sambutannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi mengharapkan, melalui Forum Dialog Antar Umat Beragama ini, seluruh lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi dapat senantiasa menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, baik pemeluk agama yang sama maupun pemeluk agama yang berbeda, dengan saling menghormati tanpa memandang agama yang dianut oleh masing-masing warga masyarakat. Diharapkan pula, apabila terjadi masalah yang membawa nama agama, agar diselesaikan dengan kepala dingin dan damai, tanpa harus saling tunjuk dan menyalahkan. Maksud dan tujuannya, supaya Kerukunan Umat Beragama dapat dijaga dan dipelihara dengan baik dan optimal.

Sementara Kepala Kantor Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Sukabumi, Agus Wawan Gunawan, S.IP. menjelaskan, maksud dan tujuan dilakasanakannya Forum Dialog Antar Umat Beragama ini, agar setiap komponen warga masyarakat Kota Sukabumi bisa lebih menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama, untuk menciptakan dan meningkatkan kerukunan dan kedamaian di Kota Sukabumi.

Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dalam Forum Dialog Antar Umat Beragama ini, antara lain dari unsur Kodim 0607 Kota Sukabumi, unsur Polres Sukabumi Kota, unsur Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Sukabumi, dan Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kota Sukabumi. Sedangkan peserta yang mengikuti Forum Dialog Antar Umat Beragama ini, berasal dari perwakilan Tokoh Agama dan Ormas Keagamaan se Kota Sukabumi.